Wednesday, 12 December 2018

Gilas Persela 3-0, Persija Pepet Pimpinan Klasemen PSM

Selasa, 20 November 2018 — 20:04 WIB
Simic ciptakan gol ketiga Persija (twitter@Liga1Match)

Simic ciptakan gol ketiga Persija (twitter@Liga1Match)

JAKARTA – Kembali berkandang di Stadion Utama GBK, Persija ‘Macan Kemayoran’ Jakarta tampil begitu buas saat menggilas Persela Lamongan 3-0 pada laga tunda Liga 1 Indonesia, Selasa (20/11) malam WIB.

Laga itu seolah memberi keyakinan bahwa Macan Kemayoran layak mendapat tempat khusus di tengah-tengah masyarakat Ibukota, khususnya para The Jakmania.

Setidaknya hal itulah yang diungkapkan pelatih Persija, Stefano ‘Teco’ Cugurra, usai pertandingan. Menurutnya, dukungan positif tanpa spanduk ujaran kebencian yang diperlihatkan The Jakmania di SUGBK, membuktikan betapa Persija telah mendapat tempat istimewa di bawah asuhannya.

Salah satunya dengan koreografi The Jakmania di Stadion SUGBK yang menampilkan sosok Teco bersama para prajuritnya. “Saya harus terima kasih sama Jakmania, mereka memperlihatkan koreo yang sangat bagus,” kata Teco.

Lebih lanjut pelatih asal Brasil itu juga berterima kasih atas dukungan yang diberikan The Jakmania serta kesadaran mereka untuk menjaga pertandingan berjalan dengan baik, tanpa ada hal-hal yang tidak diinginkan.

“Saya berterima kasih, yang pasti saya merasa sangat-sangat senang. Saya melihat, artinya mereka sudah menyadari pekerjaan saya di Persija, saya sangat senang. Kami juga punya kelompok suporter yang sungguh besar, stadion besar di sini dan kami sangat senang dengan kehadiran mereka,” jelas Teco yang juga tidak ingin terlalu jumawa atas kemenangan timnya.

Pasalnya, Persija masih akan melakoni tiga laga tersisa yang tidak mudah. Macan Kemayoran bakal menjamu Sriwijaya FC pada Sabtu (24/11) mendatang, sebelum melawan Bali United pada 2 Desember mendatang.

Persija bakal menutup Liga 1 musim ini dengan menjamu Mitra Kukar, satu pekan berselang. Semua laga tersebut wajib dimenangi Macan Kemayoran jika ingin meraih gelar juara Liga 1 musim ini. Pasalnya, PSM Makassar masih menempati posisi teratas klasemen sementara dengan total 54 poin.

Persija hanya tertinggal satu angka dari Juku Eja, julukan PSM di posisi kedua. Sedangkan Persib berada di urutan ketiga dengan 49 poin. Hasil itu diraih Macan Kemayoran usai menggilas Persela 3-0.

Tampil tanpa Ismed Sofyan, Persija berhasil mencetak tiga gol penentu kemenangan, lewat aksi Rezaldi Hehanusa (22″), Rizki Ramdani Lestaluhu (52′), dan Marko Simic (72″). “Anak-anak bermain bagus sejak awal pertandingan. Atmosfer di Gelora Bung Karno benar-benar memberi semangat yang berbeda bagi kami,” ulas Teco mengenai jalannya laga.

Meski demikian, hasil tersebut tidak terlepas dari kritik terutama saat terjadinya gol kedua yang dilesakkan Ramdani Lestaluhu. Pelatih Persela, Aji Santoso menilai sang pemain sudah berada dalam posisi offside. Sayangnya, hal itu lepas dari pengamatan hakim garis.

Walhasil, Persela tetap tercecer di papan tengah dengan 42 poin, atau unggul enam angka dari batas akhir zona degradasi, hunian PS Tira. Selanjutnya, Persela bakal melawat Borneo FC, menjamu Persib, dan menyambangi Madura United di tiga laga tersisa musim ini. (junius/win)