Monday, 15 July 2019

Skybridge Selesai Jumat 23 November

Rabu, 21 November 2018 — 23:29 WIB
Aktivitas pembangunan Jembatan Penyebrangan Multifungsi atau skybridge di Tanah Abang, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Aktivitas pembangunan Jembatan Penyebrangan Multifungsi atau skybridge di Tanah Abang, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

JAKARTA – Pembangunan Skybridge atau Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Tanah Abang ditarget kelar Jumat (23/11). Untuk selanjutnya diserahkan ke Pemprov DKI dan digunakan pedagang untuk berjualan.

Dirut PD Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan mengatakan pihaknya terus berusaha menyelesaikan pembangunan JPM dan diharapkan pada 23 November 2018 sudah selesai. Sehingga pada 24 November 2018 sudah bisa dimanfaatkan. “Targetnya 23 November 2018, pembangunan skybridge selesai. Setelah itu diserahkan kepada Pemprov DKI,” ucapnya, Rabu (21/11/2018).

Dijelaskan, saat ini PD Pembangunan Sarana Jaya terus melakukan koordinasi dengan PT KA, terkait dengan pembangunan musala, loket penumpang dan pintu ke luar masuk penumpang di Stasiun Tanah Abang. “Jadi kami masih membahasnya, seperti apa teknis dan designya,” jelas Yoory.

Adapun Yorry menambahkan bahwa SkyBridge dilengkapi dengan Closed Circuit Television (CCTV) atau kamera pengawas. Hal ini sebagai upaya pengamanan, agar para pedagang dan pengunjung merasa aman dan nyaman.

“Ada 26 CCTV yang telah dipasang di sepanjang skybridge tersebut,” ujarnya.

SMART TOILET

Selain CCTV, saat ini juga tengah dilakukan pemasangan smart toilet sesuai dengan permintaan dari PT Kereta Api Indonesia. Di mana ada empat smart toilet yang dipasang di skybridge. “Jadi kami terus melakukan pembangunan beberapa sarana guna mendukung pengoperasian JPM,” kata Yoory.

Dijelaskan, selain CCTV dan smart toilet, juga tengah dilakukan finishing untuk pembangunan halte buswa. Karena ada beberapa hal yang perlu ditambah, hal ini setelah dilakukan koordinasi dengan PT Transjakarta. “Kami saat ini fokus untuk penyelesaian pembangunan JPM. Tinggal finishing saja, seperti pemasangan chasing JPM dan pengecatan serta penyelesaian pembangunan halte busway,” jelasnya.

Wakil Walikota Jakpus, Irwandi menambahkan PT KA sangat mendukung pembangunan Skybridge, namun meminta ada beberapa hal yang perlu ditindak lanjuti. Seperti pembangunan mushola, pintu keluar masuk penumpang, pengamanan dan loket penumpang. “Ini yang teknisnya lagi dibahas PD Pembangunan Sarana Jaya dengan PT KA,” ujarnya.(tarta/)