Sunday, 17 February 2019

Puluhan Warga Dilatih Jadi Pawang Api

Minggu, 25 November 2018 — 8:21 WIB
Warga sedang memadamkan api dengan menggunakan karung goni.  (wandi)

Warga sedang memadamkan api dengan menggunakan karung goni. (wandi)

JAKARTA –  Puluhan warga RW 06  dan petugas Penanganan Prasaranan Sarana Umum (PPSU)  Kelurahan Cipete Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dilatih cara memadamkan api oleh Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat).

Pelatihan ini dilakukan tujuannya untuk memberikan pemahaman apabila terjadi kebakaran.

Lurah Cipete Utara Moh Yohan, mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya,  kegiatan ini yang kedua kalinya dilaksanakan di Kelurahan Cipete Utara setelah dua bulan lalu mengadakan hal serupa di RW 01. Dalam kegiatan ini sebanyak 80 orang dilatih jadi pawang api.

“Menyambut baik Damkar yang makin responsif terhadap aspirasi warga, yang minta disosialisasikan metode-metode penanganan bencana tidak hanya kebakaran namun gempa, banjir dan potensi bencana lainnya,” kata Yohan.

Sementara, Supar (45), salah seorang warga RW 06  mengaku dirinya sangat senang dan bangga mengikuti kegiatan ini. Sebab selama ini ia ingin mengetahui lebih jauh bagaimana mekanisme untuk melakukan pemadaman api, utamanya menggunakan APAR yang memang setiap RW di Cipete Utara memilikinya.

“Setiap RW sudah memiliki APAR namun sosialisasi penggunaannya masih kurang” ujar Supar. (wandi/tri)