Friday, 23 August 2019

Pembangunan Stadion BMW Disetujui, Namun Anggaran Hanya Rp 400 Miliar

Senin, 26 November 2018 — 21:03 WIB
Maket Stadion BMW.

Maket Stadion BMW.

JAKARTA – DPRD DKI Jakarta akhirnya setuju Stadion Taman BMW di Jakarta Utara dibangun Jakpro. Namun, anggarannya dipangkas, dari Rp1,6 triliun hanya disetujui Rp400 miliar.

“Kita setuju stadion dibangun Jakpro. Anggaranya disepakati Rp 400 miliar. Kita akan awasi pembangunaan sesuai dengan tugas pengawasan dewan. Saya akan menjalankan fungsi pengawasan dewan, “kata Prasetio Edi Marsudi, Senin ( 26/11/2018).

Menurut Prasetio, keputusan itu diambil melalui pembahasan di Badan Anggaran. DRPD yang memberi kesempatan kepada PT Jakpro untuk membangun Stadion Taman BMW.

Awalnya Jakpro mengajukan suntikan dana sebesar Rp 1,6 triliun. Namun, usulan itu dipangkas Jakpro menjadi Rp 400 miliar, mengingat rancangan APBD DKI 2019 defisit Rp 16 triliun.

Direktur Utama PT Jakpro Dwi Wahyu Daryoto menjelaskan uang Rp 400 miliar itu akan digunakan untuk melakukan kajian studi kelayakan. Ia menargetkan pembangunan stadion yang akan menjadi kandang Persija Jakarta rampung dalam tiga tahun, yakni 2019-2021.

Untuk tahun pertama, Jakpro berencana membangun gedung stadion utama di atas lahan 15 hektar. Dana yang diperlukan sebesar Rp 1,68 triliun.

Untuk menuntaskan stadion, Jakpro akan mengajaak pihak investor untuk menuntaskannya dengan skema kerjasama. Stadion tersebut akan dibangun bertaraf internasional.

Stadion direncanakan tidak hanya untuk menggelar pertandingan sepakbola. Tetapi juga akan dibangun gedung untuk menggelar berbagai kegiatan. Serperti pameran produk produk komersial layaaknya PRJ. (john/b)