Thursday, 13 December 2018

Memperbanyak Akses ke Pulau Reklamasi

Kamis, 29 November 2018 — 7:46 WIB

BERITA pulau reklamasi di pantai utara Jakarta terus menggelinding. Setelah mengambil alih pengelolaan pulau reklamasi, Gubernur Anies Baswedan mengganti nama pulau-pulau tersebut.

Pulau C diganti dengan kawasan Pantai Kita, Pulau D menjadi Pantai Maju, dan Pulau G diubah nama Pantai Bersama. Dengan demikian Pulau C, D dan G berubah menjadi kawasan Pulau Kita Maju Bersama.

Melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor   120/2018 Pengelolaan tiga pulau reklamasi yang telah berubah nama  itu, diserahkan kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Perubahan nama itu,  untuk menyesuaikan ketentuan tata ruang.

Tiga pulau yang sebelumnya  yakni C dan D dikuasai PT Agung Sedayu Group dan G dipegang PT Agung Podomoro,  oleh PT Jakpro bakal dimanfaatkan untuk area publik.

Mengambil alih pengelolaan tiga pulau reklamasi dari tangan pengembang swasta dan diserahkan ke Jakpro bila dikemudian hari ada dampak hukum,  Anies pun  siap menghadapi di pengaddilan.

Orang nomor satu di lingkungan Pemprov DKI Jakarta menggaransi keputusan mengambil alih pengelolaan  pulau reklamasi sudah mempertimbangkan aspek legalitas dan demi kepentingan warga Jakarta.

Kegigihan Anies ‘bertarung’ mengambil alih pengelolaan tiga pulau reklamasi mendapat perhatian publik. Beragam masukan mulai dari perlunya mengganti nama pulau-pulau itu dengan nama pahlawan, terutama pahlawan  Jakarta, membangun banyak jembatan untuk akses menuju areal pulau hasil reklamasi dan lainnya, bermunculan.

Aneka masukan publik tentu saja perlu dipertimbangkan, terutama memperbanyak akses menuju areal  tiga pulau reklamasi tersebut.  Apalagi saat ini akses ke pulau-pulau itu  sangat minim yakni baru satu  melalui  kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Bangun jembatan-jembatan untuk memudahkan warga menikmati indahnya  tiga pulau hasil reklamasi. Perintahkan Jakpro menyusun perencanaan secara menyeluruh, termasuk memperbanyak akses menuju kawasan Panta Kita Maju Bersama.

Apa artinya bila Pemprov DKI Jakarta sudah berani mengambil alih pengelolaan tiga pulau reklamasi di pantai utara Jakarta itu, tetapi warga sulit menikmati, karena terganjal akses.

Kini publk berharap kelak bisa dengan mudah menikmati  indahnya kawasan Pantai Kita Maju Bersama. Karena itu, perbanyak akses menuju pulau reklamasi. @*