Wednesday, 21 August 2019

Leg Kedua Final Copa Libertadores 2018 Digelar di Santiago Bernabeu

Jumat, 30 November 2018 — 7:38 WIB
Stadion Santiago Bernabeu (reuters)

Stadion Santiago Bernabeu (reuters)

SPANYOL- Akibat ulah suporter kedua tim yang bentrok dan berbuat rusuh,final leg kedua Copa Libertadores antara River Plate melawan Boca Juniors di Stadion El Monumental, kandang River 25 November lalu gagal dilangsungkan.

Bahkan karena belum mendapat jaminan keamanan, akhirnya CONMEBOL (Asosiasi Sepakbola Amerika Selatan) memutuskan bahwa pertarungan antara River vs Boca itu digelar di luar Argentina untuk menghindari potensi insiden serupa.
Tidak tanggung-tanggung laga tersebut digelar jauh dari Argentina yaitu Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu miliki Real Madrid. Laga rencananya dilangsungkan 9 Desember 2018 pukul 20.30 waktu setempat.
Seperti diketahui duel antara River dan Boca selain karena rusuh batal dilangsungkan karena bus yang mengangkut pemain Boca Junior diserang oleh pendukung tim tuan rumah.

Insiden itu memakan korban di mana sejumlah pemain menderita luka sehingga harus dilarikan ke rumah sakit. Kondisi bus yang mereka tumpangi juga dalam kondisi rusak berat akibat lemparan berbagai benda.
Setelah kejadian itu, CONMEBOL kemudian menunda laga selama 24 jam, tapi laga kembali ditunda untuk waktu yang belum ditentukan atas permintaan Boca yang tidak dalam kondisi ideal guna lakoni pertandingan.
Setelah pihak CONMEBOL, River, dan Boca menggelar pertemuan khusus di Asuncion, Paraguay, tengah pekan ini akhirnya disepakatilah bahwa Estadio Santiago Bernabeu di Madrid, Spanyol, jadi venue leg kedua final.

Sebelumnya CONMEBOL memiliki opsi untuk memainkan laga di Asuncion (Paraguay), Doha (Qatar), Genoa (Italia), atau Madrid (Spanyol). Kota yang menyediakan kandang Real Madrid lantas dipilih sebagai venue dengan berbagai pertimbangan.
Selain pengumuman akan kepastian pertandingan, CONMEBOL juga merilis hukuman untuk River akibat tingkah brutal suporternya dengan denda 400 ribu USD atau sekitar Rp 6,55 miliar. Selain itu Los Millonarrios juga disanksi bermain tanpa penonton di dua laga CONMEBOL terhitung mulai musim depan.

Meski segalanya sudah diputuskan, Boca dikabarkan masih akan ajukan perkara ini ke pengadilan tertinggi olahraga (CAS) agar River dinyatakan kalah dan gelar Copa Libertadores musim ini jatuh ke tangan mereka.(b)