Thursday, 13 December 2018

Presiden Jokowi Melepas 1,5 Juta Ekspor Motor Yamaha

Senin, 3 Desember 2018 — 15:36 WIB
Jokowi tunggangi XMAX di pelepasan ekspor motor Yamaha.(rihadin)

Jokowi tunggangi XMAX di pelepasan ekspor motor Yamaha.(rihadin)

JAKARTA –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pelepasan ekspor motor Yamaha yang ke 1,5 juta unit yang diproduksi di Indonesia.

Sejak berinvestasi di Indonesia hingga saat ini, PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) tersebut telah mengekspor motornya hingga 1,5 juta unit.

Jokowi menyambut baik ekspor motor yang dilakukan Yamaha ini. Menurut dia, hal tersebut bisa membantu Indonesia keluar dari defisit neraca perdagangan.

Jokowi di YMMI-(rihadin1)

Peresmian ekspor 1,5 juta motor Yamaha oleh Presiden Jokowi.(rihadin)

“Negara kita memiliki problem besar, yaitu impor lebih besar dari ekspor. Ini problem besar yang bertahun-tahun belum kita atasi. Oleh sebab itu saya sangat senang hadir di sini, di PT Yamaha, karena di 2014 produksi untuk ekspor saat itu 23 ribu motor, sekarang 338 ribu motor. Nanti akan kita launching ekspor yang ke 1,5 juta, ini jumlah yang sangat besar sekali,” ujar dia di kawasan Pulogadung, Jakarta, Senin (3/12/2018).

Jokowi mengungkapkan, selain ekspor yang besar, motor produksi Yamaha juga  telah memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang tinggi, yaitu sebesar 94 persen. Dengan demikian, produk tersebut memberikan nilai tambah yang besar bagi Indonesia.

“Pertama, ekspornya tinggi. Kedua, investasinya juga besar. Ketiga, komponen lokal pun banyak, mencapai 93-94 persen. Ini jumlah yang sangat besar. Kandungan lokalnya sangat tinggi. Investasi-investasi seperti ini yang terus kita cari, karena kalau untuk ekspor tapi bahan bakunya dari impor, ini yang sering menyebabkan defisit neraca perdagangan,” kata dia.

Jokowi di YMMI-(rihadin2)

Ke depannya, Jokowi berharap Yamaha terus meningkatkan ekspornya ke negara lain. Jika saat ini porsi yang diekspor hanya 25 persen dari total produksinya, Jokowi ingin ditingkatkan menjadi 75 persen.

Sebagai informasi, saat ini Yamaha telah mengekspor sepeda motor dengan jenis XMAX, NMAX, LEXI, AEROX, YZF-R3, YZF-R25, MT-03, YZF-R15, MX-King dan beberapa model lain ke 45 negara di 5 benua.

Adapun negara tujuan ekspor motor Yamaha seperti Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Prancis, dan negara-negara di kawasan Asia, Afrika serta Australia.

Saat ini PT. YIMM secara khusus dipercaya oleh principal Yamaha Jepang  untuk memenuhi kebutuhan sepeda motor Yamaha di pasar global. Melalui kerja nyata anak bangsa, Yamaha Indonesia bertransformasi menjadi pabrik eksportir terbesar di dunia dalam jajaran Yamaha Group dan juga terbesar di Industri Sepeda Motor Indonesia.

Hal ini sekaligus menjadi bukti pengakuan dunia atas kualitas sepeda motor produksi Indonesia.

“Pencapaian ekspor Yamaha Indonesia ini sangat membanggakan. Kami selalu berupaya untuk terus menjaga standard kualitas produk serta meningkatkan kegiatan ekspor untuk masa yang akan datang. Kami yakin Indonesia akan menjadi bagian penting produksi sepeda motor Yamaha untuk kebutuhan global.  Produk-produk Yamaha saat ini telah menjadi kebanggaan Indonesia yang mendunia” jelas Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.(rihadin/tri)