Friday, 19 July 2019

Skybridge Dioperasikan, Trotoar Tanah Abang Bersih dari PKL

Senin, 3 Desember 2018 — 10:07 WIB
Skybridge atau JPM Tanah Abang yang telah selesai pembangunannya. (tarta)

Skybridge atau JPM Tanah Abang yang telah selesai pembangunannya. (tarta)

JAKARTA –  Wakil Walikota Jakarta Pusat, Irwandi memastikan trotoar di kawasan Tanah Abang akan bersih dari keberadaan pedagang kaki-5, setelah skybridge atau Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) dioperasikan. Pedagang nantinya akan dinaikkan di jembatan.

“Kalau skybridge sudah difungsikan, persoalan pedagang bisa teratasi. Di mana  446 pedagang yang berada di trotoar akan dinaikkan. Selain itu, lainnya bisa ditempatkan di blok F yang bisa menampung 149 pedagang,” jelas Wakil Walikota Jakpus, Irwandi, Senin (3/12/2018).

Selama ini para pedagang kaki-5 yang telah diundi untuk ditempatkan di skybridge masih berjualan di atas trotoar di kawasan Tanah Abang. “Kalau sudah JPM sudah dioperasikan dan masih ada pedagang ditrotoar akan ditindak tegas,” ujar Irwandi.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan mengatakan pembangunan skybridge telah selesai dan siap dimanfaatkan. Namun pengoperasiannya menunggu PT Kereta Api Indonesia (KAI) memindahkan dan membuka pintu atau gate Stasiun Tanah Abang.

“Kami siap membantu percepatan pemindahan dan pembukaan gate Stasiun Tanah Abang, untuk memastikan pada tanggal 7 Desember 2018, JPM sudah bisa beroperasi,” kata Yoory.

Yoory menambahkan pihaknya  sudah memenuhi 5 kesepakatan dengan PT. KAI dengan menyiapkan fasilitas umum, seperti penyiapkan 15 petugas kebersihan, 21 petugas keamanan dan dilengkapi dengan CCTV, akses pejalan kaki, 4 toilet, dan musala. (tarta/tri)