Thursday, 13 December 2018

Giring Warga ke Transportasi Umum, Anies Akan Naikkan Tarif dan Kurangi Lahan Parkir

Selasa, 4 Desember 2018 — 23:21 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. (yendhi)

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. (yendhi)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berencana menaikkan tarif parkir kendaraan pribadi di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Bukan cuma itu, Anies juga bakal mengurangi lahan parkir.

“Nanti ke depan kami juga akan melakukan pengetatan parkir. Pengetatan parkir itu dua (cara) yang dilakukan. Satu adalah dengan (cara) peningkatan biaya parkir, yang kedua dengan (cara) pengurangan tempat parkir,” kata Anies, di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2018).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan kebijakan tersebut bertujuan agar lebih banyak masyarakat menggunakan transportasi publik. “Sehingga lebih banyak yang masuk ke Jalan Sudirman dan Thamrin menggunakan kendaraan umum atau pejalan kaki,” ujarnya.

Namun, sebelum menerapkan kebijakan tersebut, kata Anies, Pemprov DKI mesti merampungkan dahulu pengerjaan revitalisasi tiga JPO, yakni Polda Metro Jaya, Gelora Bung Karno dan Bundaran Senayan. Selain itu, tentunya dilakukan pengkajian terlebih dahulu. Ia berharap kebijakan tersebut dapat diterapkan tahun depan.

“Itu nanti Insya Allah dilakukan tahun depan kita baru laksanakan,” imbuhnya.

Diketahui, kebijakan itu sendiri telah masuk dalam Raperda Perubahan Perda Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pajak Parkir yang akan segera disahkan DPRD DKI Jakarta.

Sementara, Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta Imam Adi Nugraha mengatakan ketiga JPO direvitaslisasi tersebut bakal dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat memberikan kenyamanan, keamanan dan memanjakan warga Jakarta. Di antaranya CCTV dan lift. (*/ys)