Wednesday, 19 December 2018

BNN Harapkan Kepala Desa dan Babinsa Ikut Cegah Narkoba

Kamis, 6 Desember 2018 — 20:29 WIB
kepala BNN Komjen Heru Winarko usai menggelar diskusi. (Ifand)

kepala BNN Komjen Heru Winarko usai menggelar diskusi. (Ifand)

JAKARTA  – Guna mencegah peredaran narkotika untuk masuk ke tingkat desa, Badan Narkotika Nasional (BNN) mengharapkan peran aktif dari kepala desa dan tiga pilar (Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan pemerintah). Pasalnya, unsur tersebut yang paling utama untuk mengantisipasi masuknya peredaran dan penyalahgunaan narkotika di desa.

Kepala BNN Komjen Heru Winarko mengatakan, hampir 80 persen narkotika masuk dari luar Indonesia, melalui pelabuhan kecil dan perbatasan. Karena itu, peran kepala desa, bersama tiga pilar, Babinsa, Bhabinkamtibmas kita optimalkan. “Dengan upaya itu pastinya kita bisa meningkatkan ketahanan terhadap narkoba masuk ke daerah,” kata Heru, dalam diskusi, di Jakarta, Kamis (6/12).

Menurutnya, peredaran gelap narkoba tidak hanya menyasar kepada orang dewasa, melainkan anak-anak. Selain itu, kesenjangan pertumbuhan ekonomi juga berbahaya sebab dapat menjadi pintu masuk peredaran narkoba. “Ekonomi menggeliat di desa, ekonomi membaik, ini juga berbahaya. Ada kesenjangan (dengan desa lain) membuat masuknya narkoba,” ujarnya.

Ditambahkan Heru, narkoba selama ini merupakan mesin pembunuh massal. Pasalnya, sebanyak 30 sampai 40 jiwa meninggal perhari dan semakin meningkat. “Kenapa tidak ada yang care pengguna narkoba meninggal, karena pengguna narkoba beli sendiri, pakai sendiri, mati sendiri. Jadi tidak ada yang memperhatikan,” katanya.

Karena itu, sambung Heru, kepala desa menurut Undang-undang No 6/2014 mempunyai kewenangan, kewajiban, dan membina masyarakat desa untuk mendapatkan pengayoman serta perlindungan dari gangguan ketentraman termasuk penyalahgunaan narkoba.

Dan lebih dari 500 desa di pesisir juga harus memiliki ketahanan untuk menolak narkoba. “Jadi barang-barang yang masuk ke wilayah mereka bisa mereka tolak dan antisipasi,” tandasnya. (Ifand/win)