Wednesday, 19 December 2018

Jaksa Sebut Wanita yang Ngamar Bareng Wawan Suami Airin Diduga Artis

Kamis, 6 Desember 2018 — 21:07 WIB
Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan. (dok)

Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan. (dok)

JAKARTA – Nama Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan, terpidana kasus suap terhadap hakim MK Akil Mochtar, kembali menjadi buah bibir setelah perilakunya selama menjalani masa tahanan di Lapas Sukamiskin, Bandung, terbongkar dalam persidangan perkara suap mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husen.

Suami Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany itu disebut menyalahgunakan izin berobat yang diberikan Kalapas untuk bermalam di salah satu hotel di Bandung. Jaksa pun menyebut Wawan menyewa kamar hotel bersama teman wanita diduga artis.

“Ya teman wanitanya itu diduga artis,” kata Jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) M Takdir. Namun, Takdir masih merahasiakan identitas artis wanita itu.

Ia mengatakan, semua bukti tersebut akan diungkap dalam persidangan berikutnya. “Bahwa yang termuat dalam dakwaan, teman wanita TCW (Tubagus Chaeri Wardana) bukanlah istrinya. Detailnya akan dibongkar oleh tim jaksa penuntut umum dalam persidangan,” imbuhnya.

(BacaDitanya Soal Isu Suaminya Selingkuh, Airin: No Comment)

Sebelumnya, dalam surat dakwaan JPU KPK pada persidangan Rabu kemarin, disebutkan Wawan yang juga adik dari mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah mendapat ‘kemudahan’ izin keluar lapas, salah satunya pada 16 Juli 2018 dengan alasan berobat ke RS Rosela, Karawang. Wahid pun diduga mengetahui izin tersebut disalahgunakan untuk menginap di luar lapas.

“Yakni dengan cara mobil ambulans dibawa staf keperawatan lapas Sukamiskin Ficky Fikri tidak menuju RS Rosela, tapi hanya sampai parkiran RS Hermina Arcamanik, Bandung. Lalu Wawan pindah ke mobil Toyota Innova yang dikendarai Arifin (mantan narapidana umum di Lapas Sukamiskin yang kini asisten pribadi Wawan) menuju rumah milik kakaknya Ratut Atut di Jalan Suralaya IV Bandung,” ungkap jaksa pada KPK, Trimulyono Hendradi, dalam sidang dengan agenda pembacaan dakwaan terhadap Wahid Husen di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (5/12/2018).

“Setelah itu, perjalanan dilanjutkan kembali menuju Hotel Grand Mercure Bandung dan Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan kemudian menginap di hotel tersebut dengan teman wanitanya,” imbuh jaksa Trimulyono.

Atas berbagai kemudahan izin itu, Wawan lalu memberikan sejumlah uang kepada Wahid. Selain mendapat hadiah dari Wawan, Wahid Husen juga mendapatkan sejumlah hadiah dari narapidana korupsi Fahmi Darmawansyah.

Wahid didakwa Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 jo Pasal 64 ayat 1 KUHP. (*/ys)