Wednesday, 19 December 2018

Proyek Apartemen Belum Ada Izin, Camat Cilandak: Jangan Ada Kegiatan

Kamis, 6 Desember 2018 — 22:34 WIB
Nampak pembangunan apartemen sudah mulai mengerahkan alat berat meski belum memiliki ijin., (wandi)

Nampak pembangunan apartemen sudah mulai mengerahkan alat berat meski belum memiliki ijin., (wandi)

JAKARTA – Proyek apartemen di Jalan Fatmawati Raya, Cilandak, Jaksel, diminta untuk tidak melakukan aktivitas. Hal ini dilakukan karena izin pembangunan aparteman tersebut masih dalam proses di Pemprov DKI Jakarta dan belum keluar.

Camat Cilandak, Tomy Fudihartono, meminta agar pembangunan proyek aparteman ini segera menghentikan operasional baik alat berat sekalipun untuk pengerjaan pemasangan pondasi. “Harusnya jangan ada kegiatan apapun bila perizinannya belum keluar,” kata Tomy Fudihartono kepada wartawan, Kamis (6/12).

Proyek yang lokasinya tak jauh dari perempatan Jalan Fatmawati dan Jalan TB Simatupang itu akan dibangun apartemen setinggi 18 lantai. Di atas lahan seluas sekitar 6.700 meter persegi itu bakal berdiri satu unit tower bernama apartemen RA Fatmawati.

Sementara itu, Hardi, salah seorang perwakilan owner Apartemen RA Fatmawati   mengaku izin pembangunan yang diajukan pihaknya sejak bulan Agustus 2018 ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) DKI Jakarta dan hingga kini belum terbit.

Menurut dia, lambatnya proses perizinan tersebut bukan kesalahan dari pihaknya. “Kendalanya karena petugas PTSP yang menangani urusan perizinan pondasi sedang cuti,” kata Hardi.

Saat ini pengerjaan proyek yang dilakukan pihaknya masih dalam tahap pelaksanaan loading test untuk mengukur ketahanan beban tanah. Namun, dia mengklaim sudah memiliki izin terkait loading test tersebut.

“Setelah loading test baru pekerjaan pondasi bore pile. Kalau izin bore pile kemungkinan dua minggu lagi keluar. Jadi kita belum mengerjakan bore pile,” ujarnya. (wandi/win)