Thursday, 13 December 2018

Gelar Rakornas 2018

Senkom : Perang Debat di Medsos Jelang Pilpres -Pileg 2019 Rawan Ganggu Kamtibmas

Kamis, 6 Desember 2018 — 8:31 WIB
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PP Senkom dibuka oleh Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol. Arkian Lubis mewakili Kapolri yang berhalangan hadir di Asrama Haji,  Pondok Gede,  Jakarta Timur,  Rabu (5/12/2018) pagi. (rihadin)

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PP Senkom dibuka oleh Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol. Arkian Lubis mewakili Kapolri yang berhalangan hadir di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu (5/12/2018) pagi. (rihadin)

JAKARTA –  Menjelang Pilpres dan pileg 2019,  kerap menjadi perdebatan sengit antara dua kubu di dunia maya  atau media sosial, yang imbasnya   keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas)  rentan terganggu.

“Kami berharap pemilu 2019 berjalan dengan damai dan aman,  meskipun masyarakat Indonesia terbelah dengan dua pilihan. Hal itu mengakibatkan friksi didalam masyarakat yang berpotensi mengganggu Kamtibmas., ” ujar Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri,  M. Sirot.

Potensi gangguan Kamtibmas inilah yang mendorong PP Semkom menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dibuka oleh Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol. Arkian Lubis mewakili Kapolri yang berhalangan hadir di Asrama Haji,  Pondok Gede,  Jakarta Timur,  Rabu (5/12/2018) pagi.

senkom1

Rakernas yang berlangsung selama dua hari ini mengangkat tema ‘Senkom untuk NKRI : 14 Tahun Senkom Mitra Polri ,Pemberdayaan,  Partisipasi dan Penguatan Kapasitas.

“Dalam bidang Kamtibmas,  Senkom bekerjasama dan berkordinasi dengan Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga Polsek,  sesuai dengan wilayahnya.

Sementara di wilayah bencana,  Senkom bermitra dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)   ditingkat pusat dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPBD).

senkom2

Serta dalam kegiatan bela negara,  Senkom merupakan bagian dari komponen cadangan pertahanan negara dalam UU pertahanan negara, ” papar M, Sirot.

Rakernas Senkom diikuti sekitar 2.000 peserta yang terdiri dari dewan pembina,  pengurus PP dan panitia,  pengurus provinsi,  pengurus kabupaten kota,  perwakilan pemuda Senkom serta undangan lainnya.(rihadin/tri)