Wednesday, 19 December 2018

Turap Kali Krukut Longsor, Bangunan Bengkel Ikut Terjebur

Kamis, 6 Desember 2018 — 23:05 WIB
Kondisi pinggir Kali Krukut, Beji yang longsor. (Anton)

Kondisi pinggir Kali Krukut, Beji yang longsor. (Anton)

DEPOK  – Turap di pinggir Kali Krukut, Beji, Depok, longsor akibatnya salah satu bangunan yang dijadikan bengkel runtuh ke kali sedalam 3 meter.

“Bangunan bengkel ikut longsor bersama turap  ke dalam Kali Krukut sedalam 3 meter,” kata Hasan,  warga RW 05, Kel.  Beji,  Kota Depok,  Kamis (6/12/2018).

Menurut dia, longsornya turap beserta bangunan bengkel ke dalam Kali Krukut diduga akibat turap atau tanah pinggir kali sudah tergerus dan kropos cukup lama karena saat terjadi cuaca belum hujan. “Longsornya tiba tiba, beruntung bengkel dalam keadaan libur jadi tidak ada yang kerja,” katanya.

Longsornya didiga karena turap penahan yang ada di sisi tebing kali tidak mampu lagi menahan bangunan yang ada di atasnya. Terlebih belakangan cuaca kerap hujan sehingga banyak air hujan melalui saluran air atau resapan air mengerus tanah dipinggir kali sehingga rawan longsor.

Melanggara GSK

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianti, mengatakan pihaknya langsung menurunkan belasan personel satuan tugas (Satgas) SDA ke lokasi tanah longsor di pinggir Kali Krukut Jl. Raya Tanah Baru, Beji.

Petugas langsung menanggani longsor dengan cara memasang terpal plastik pebutup di lokasi longsor agar tidak terjadi longsor susulan,  ujarnya termasuk membersihkan material longsoran di badan kali.  “Setelah sudah dibersihkan nantinya akan dipasang penahan bronjong sebagai turap agar tidak kembali longsor, ” ujarnya.

Melihat kondisi bangunan dan bengkel di pinggir Kali Krukut tersebut diduga menyalahi atau menggar garis sepadan kali (GSK). Karena sesuai peraturan, garis sempadan di saluran arteri sekunder di Jalan Raya Tanah Baru adalah 10 meter. “Bangunan yang diduga melanggar GSK cukup banyak di pinggir Kali Krukut Jl. Raya Tanah Baru, ” imbuhnya. (Anton/win)