Wednesday, 19 December 2018

Vietnam Tantang Malaysia di Final Piala AFF 2018 Usai Benamkan Filipina 2-1

Kamis, 6 Desember 2018 — 23:05 WIB
Pertandingan Vietnam vs Thailand. (twitter @affsuzukicup)

Pertandingan Vietnam vs Thailand. (twitter @affsuzukicup)

HANOI – Timnas Vietnam berhasil melangkah ke babak final Piala AFF 2018 usai menang 2-1 atas Filipina pada semifinal leg kedua di Stadion My Dinh, Hanoi, Kamis (6/12/2018). Vietnam pun unggul agregat 4-2 setelah pada leg pertama juga menang 2-1 di kandang Filipina, di Stadion Panaad, Bacolod.

Pencapaian ini juga membawa Vietnam tiga kali tampil di Final Piala AFF. Sebelumnya, mereka juga merasakan laga final pada 1998 dan 2008. Namun The Golden Stars baru meraih juara pada 2008 setelah menang agregat 3-2 atas Thailand.

Pada laga final Piala AFF 2018, Vietnam akan menghadapi Malaysia. Pertandingan penentuan juara ini akan digelar secara kandang dan tandang pada 11 dan 15 Desember 2018.

Menghadapi Filipina di hadapan pendukung sendiri, Vietnam tampil agresif sejak awal babak pertama. Sementara, Filipina lebih banyak bertahan sambil mengandalkan serangan balik.

Kedua tim memperoleh banyak peluang untuk mencetak gol pada babak pertama. Namun skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, permainan tidak banyak berubah. Filipina pun banyak menyia-nyiakan peluang yang sejatinya dapat berbuah gol.

Tim tuan rumah lantas berhasil mengubah keadaan pada menit ke-83. Aksi Nguyen Quang Hai dengan tembakan kaki kirinya memanfaatkan umpan Phan Van Duc berhasil merobek pojok kanan bawah gawang Filipina. Skor 1-0 untuk Vietnam.

Keunggulan Vietnam bertambah selang empat menit kemudian. Kali ini melalui Nguyen Cong Phuong yang berhasil menyarangkan bola melalui sepakan kaki kirinya. Vietnam unggul 2-0.

Filipina sempat memperkecil kedudukan pada menit ke-89. James Younghusband berhasil mencetak gol melalui tendangan kaki kanan dari tengah kotak penalti. Kedudukan 2-1 dan bertahan hingga laga bubar. (ys)

Susunan pemain

Vietnam (5-3-2): Dang Van Lam; Doan Van Hau, Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Nguyen Trong Hoang, Tran Dinh Trong; Luong Xuan Truong, Pham Duc Huy, Nguyen Quang Hai; Phan Van Duc, Nguyen Anh Duc.

Pelatih: Park Hang-seo

Filipina (3-4-3): Patrcik Deyto; Amani Aguinaldo, Alvero Silva, Carli De Murga; Martin Steuble, Adam Reed, Kevin Ingreso, Iain Ramsay; Stephan Schrock, Patrick Reichelt, Phil Younghusband.

Pelatih: Sven-Goran Eriksson