Wednesday, 19 December 2018

80 % Jalan Desa di Gantar Rampung Diperbaiki

Jumat, 7 Desember 2018 — 15:07 WIB
Baligo kegiatan pengaspalan jalan desa di Blok Nambo, Desa Gantar, Kecamatan Gantar, Indramayu, Jawa Barat.  (taryani)

Baligo kegiatan pengaspalan jalan desa di Blok Nambo, Desa Gantar, Kecamatan Gantar, Indramayu, Jawa Barat. (taryani)

INDRAMAYU –  Delapan puluh persen kondisi jalan desa di  Desa Gantar, Kecamatan Gantar, Indramayu, Jawa Barat  rampung diperbaiki.

Perbaikan pada sebagian besar ruas  jalan desa itu dampaknya secara nyata dapat membantu masyarakat melancarkan lalu-lintas  saat mengangkut hasil bumi.

“Kami harapkan pada tahun 2019 seluruh jaringan jalan desa sudah tersentuh perbaikkan. Bahkan pada tahun 2019 selain merampungkan perbaikan semua jaringan jalan desa  sekaligus akan dimulainya peningkatan kualitas infrastruktur jalan desa melalui  betonisasi,”  jelas Kepala Desa Gantar,  Manan ketika dijumpai Pos Kota, Jum’at (7/12/18).

Menurut Manan, perbaikan jalan desa selama ini dilaksanakan selaras dengan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang setiap tahun diadakan di Desa  Gantar yang mendapat verifikasi pejabat berkompeten  serta dibiayai dari bantuan Dana Desa (DD).

Dana Desa tahap III tahun 2018 di antaranya dipergunakan untuk memperbaiki jalan desa di Blok Nambo. “Kami berterima kasih kepada Kepala Desa Gantar Pak Manan yang telah memprioritaskan pembangunan dan perbaikan jalan desa. Perbaikan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, karena lalu lintas angkutan hasil bumi terasa lebih lancar dan lebih nyaman,”  kata seorang warga Blok Nambo, E. Wahid.

Dikatakan, Desa Gantar merupakan salah satu desa yang wilayahnya cukup luas. Memiliki 28 RT yang berada di 14 RW mencakup 5 Dusun,  yaitu;  Awisan, Wagir, Gantar 1, Gantar 2, dan Nambo. Secara geografis Desa Gantar berbatasan dengan Desa Situraja dan Mekarjaya  Kecamatan Gantar  juga berbatasan dengan Desa Temiyangsari dan Desa Jayamulya  Kecamatan Kroya.

Dengan telah diperbaikinya 80 % jalan desa maka hubungan lalu-lintas dengan desa-desa tetangga,  termasuk dengan desa di Kecamatan Kroya yang sebelumnya  agak tersendat, sekarang menjadi lebih lancar.  (taryani/tri)