Sunday, 16 December 2018

Pasca Puting Beliung, Pemkot Bogor Minta Bantuan Gubernur Jabar Rp 5 Miliar

Jumat, 7 Desember 2018 — 17:03 WIB
bantuan2

BOGOR – Pasca musibah angin puting beliung yang memporak-porandakan ratusan rumah warga di wilayah Kecamatan Bogor Selatan dan sebagian di Bogor Timur, Pemkot Bogor melalui Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengaku, membutuhkan dana sekitar Rp 1, 5 miliar.

Menurut dia, warga terdampak bencana, kini mengungsi di beberapa titik pengungsian. Usai Jumatan, tepatnya sehari pasca bencana angin puting beliung yang merengguk satu nyawa dan tiga korban luka, Bima Arya beserta jajaran meninjau ke tempat pengungsian yang terletak di Batu Tulis dan Cipaku.

“Saat ini tercatat 900 rumah yang terdampak. Paling banyak itu di Bogor Selatan. Wilayahnya di Kelurahan Lawang Gintung, Pamoyanan, Cipaku dan Batu Tulis,” kata Bima, Jumat (7/12).

Ia menyebutkan, ratusan rumah yang terkena dampak itu mengalami kerusakan yang cukup berat dan ada juga yang rusak ringan.  Ia menegaskan, perbaikan ratusan rumah warga yang terdampak angin puting beliung, Pemkot Bogor mengalokasikan anggaran dari Bantuan Tidak Terduga (BTT) sebesar Rp1,5 miliar.

“Saya sudah telepon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tadi pagi. Menurutnya, Pemerintah Propinsi Jawa Barat akan memberikan bantuan yang bersumber dari BTT. Sekarang saya pastikan dulu warga yang mengungsi dipenuhi kebutuhannya dengan baik atau tidak,”ujar Bima.

Bima membuka ruang bagi warga yang ingin menyumbang, baik itu makanan, pakaian ataupun bantuan tunai untuk pemulihan fisik bangunan yang rusak. “Saya ke Pak Gubernur, saya ajukan bantuan sebesar Rp5 miliar,”paparnya. (yopi/win)