Sunday, 16 December 2018

Uji Coba Skybridge Diberlakukan Empat Hari (7 – 10 Desember)

Jumat, 7 Desember 2018 — 11:49 WIB
Suasana di jembatan penyebarangan serbaguna (skybridge) di Tanah Abang.(cw2)

Suasana di jembatan penyebarangan serbaguna (skybridge) di Tanah Abang.(cw2)

JAKARTA – Uji coba Skybridge atau Jembatan Penyebrangan Multiguna (JPM) Tanah Abang akan dilakukan selama empat hari mulai 7-10 Desember 2018.

Sekitar pukul 09.30 WIB pintu penghubung antara Stasiun Tanah Abang dibuka, para pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) yang tiba di Stasiun Tanah Abang pun diarahkan untuk melintasi JPM tersebut.

Baik mereka yang hendak menuju berbagai blok perbelanjaan di Tanah Abang, maupun yang ingin melanjutkan perjalanannya menggunakan tranportasi umum, seperti transjakarta dan mikrolet, yang ada di kawasan tersebut.

Tak hanya itu, pintu penghubung dari JPM menuju Blok G dan KS Tubun juga dibuka.  JPM menuju halte transjakarta, dan JPM menuju Jalan Jatibaru Raya sudah dibuka. Namun pintu penghubung JPM dengan Blok F dan B masih belum dibuka.

Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan uji coba ini akan diadakan hingga hari Senin (10/12/2018) medatang. “Sekarang kita lagi sosialisasi masyarakat mulai mencoba tembus ke Blok F (dari Stasiun Tanah Abang). Jadi mereka ragu-ragu, jadi biar mereka terbiasa gitu,” ujar Irwandi di JPM Tanah Abang, Jalan Jatibaru Raya, Jakarta Pusat.

wakil

Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi di Tanah Abang.(cw2)

“Ini uji coba sampai hari Senin kalau hari Senin sudah oke permanen, seterusnya full,” tambahnya.

Ia melanjutkan untuk peresmian JPM Tanah Abang ini masih perlu menunggu hasil dari uji coba terlebih dahulu. Jika uji coba telah dilakukan, baru nantinya akan ditetapkan kapan peresmian akan dilangsungkan.

“Segera nanti setelah uji coba dengan baik, Wali Kota Jakarta Pusat dan Sarana Jaya nanti akan laporkan ini ke gubernur,” kata Irwandi.

Diketahui, terdapat 446 kios yang nantinya akan ditempati oleh para pedagang. Di mana, para pedagang ini berasal dari pedagang kaki lima (PKL) yang berdagang di Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang.

Setelah melalui pengocokan, terpilih lah 446 PKL untuk menempati kios-kios yang telah disediakan tersebut. Sementara sejumlah PKL lainnya akan diarahkan ke Blok F. Tepatnya di lantai 7 Blok F Tanah Abang.

“149 di blok F sedang kita isi tapi mereka belum terpenuhi semua,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan poskotanews.com, dua unit smart toilet yang disediakan di JPM sudah siap digunakan, hanya tinggal menunggu pemasangan tempat tap kartu pengguna toilet saja. Guiding block bagi para disabilitas pun telah terpasang di area JPM ini. Meskipun guiding block yang ada belum sempurna dan masih terputus di tiap-tiap pintu penghubung JPM menuju Blok G, Blok F, halte transjakarta maupun Jalan Jatibaru Raya.

“Kalau yang untuk difabel kita masih penyempurnaan kan masih uji coba tapi ini udah siap. Kebetulan di tingkat Wali Kota Jakarta Pusat ada tim eksistensi untuk difabel. Kita audiensi semuanya. Untuk jembatan dan sarana umum semua yang untuk difabel sedang di audit dan akan ada sarana semua untuk difabel,” tandas Irwandi. (cw2/tri)