Sunday, 16 December 2018

Uji Coba Skybridge, Masyarakat Masih Bingung

Sabtu, 8 Desember 2018 — 0:36 WIB
Pejalan kaki melintasi Skybridge atau Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Tanah Abang di Jakarta, Jumat (7/12). Uji coba lintasan Skybridge dilakukan mulai Jumat (7/12) dan dibuka bagi para pejalan kaki mulai pukul 07.00 hingga pukul 18.00.(toga)

Pejalan kaki melintasi Skybridge atau Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) Tanah Abang di Jakarta, Jumat (7/12). Uji coba lintasan Skybridge dilakukan mulai Jumat (7/12) dan dibuka bagi para pejalan kaki mulai pukul 07.00 hingga pukul 18.00.(toga)

JAKARTA – Uji coba Skybridge atau Jembatan Penyebrangan Multiguna (JPM) Tanah Abang dilakukan pada 7-10 Desember. Jumat pagi tadi (7/12/2018) pintu penghubung antara Stasiun Tanah Abang dengan JPM Tanah Abang dibuka selama kurang lebih 2 jam 15 menit. Namun ternyata, masih banyak masyarakat yang kebingungan.

Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan kalau pihaknya akan meminta kepada PD Pembangunan Sarana Jaya sebagai pengelola untuk membuat selebaran berupa pamflet untuk menginformasikan kepada masyarakat, terlebih pengunjung Tanah Abang tentang JPM Tanah Abang tersebut.

“Saya sudah bilang dengan Sarana Jaya karena nanti yang ngelola Sarana Jaya. Tolong di bawah kan udah ada spanduk, tolong buat selebaran jadi masyarakat dibagi, ini loh arahnya kita sosialisasi,” ujar Irwandi di JPM Tanah Abang, Jalan Jatibaru Raya, Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018).

Ia melanjutkan, hal itu berguna agar pengunjung Tanah Abang khususnya, tahu harus menuju ke arah jembatan yang mana jika ingin menuju ke Blok G, Blok F dan Metro Tanah Abang, ataupun jika hendak naik transjakarta.

“Itu upaya kita supaya mereka paham, tadi kan mereka begitu keluar engga paham, mau turun lagi ke bawah. Ke kanan bisa tembus Blok F, sampai Blok A. Jadi menghemat juga ga perlu jalan, ya kan jadi engga perlu capek,” jelasnya.

Namun tidak hanya berupa selembaran saja, nantinya pihak Walikota Jakarta Pusat, petugas Dinas Perhubungan serta petugas Satpol PP akan ditempatkan di JPM untuk mengarahkan pengunjung Tanah Abang selain itu. Dishub dan Satpol PP juga bertugas menertibkan lokasi di bawah JPM.

“Kita akan menurunkan personel Satpol PP, temen-temen dari Dishub, temen-temen dari Walikota, SKPD yang bertugas di JPM ini akan bergabung semua sampai ini clear, sampe selesai. Dan nanti akan dijadwalkan kapan peresmian secara resmi oleh Gubernur,” jelas Irwandi.

“Paling sedikit kita mengerahkan sekitar 200-300 personel dari Walikota yang akan kita turunkan,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan poskotanews.com siang tadi, masih banyak pengguna jalan yang melintasi JPM Tanah Abang terlihat kebingungan. Bahkan ada pula yang mengeluh jalan ini membuatnya berjalan lebih jauh.

“Aduh ribet, jalannya jadi jauh, muter-muter,” seorang ibu-ibu. (cw2/b)