Wednesday, 27 March 2019

Hadapi MU di Anfield, Liverpool Justru Tertekan

Minggu, 16 Desember 2018 — 6:15 WIB
Joel Matip cidera saat Liverpool hadapi Napoli (reuters)

Joel Matip cidera saat Liverpool hadapi Napoli (reuters)

JAKARTA – Sukses mengantongi tiket ke babak 16 besar Liga Champions, Liverpool dan Manchester United (MU) bakal mencoba peruntungan mereka membidik kemenangan dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Anfield, Minggu (16/12) pukul 23:00 WIB.

Perbedaan kasta di papan klasemen, bukan jaminan bagi Liverpool bisa mencuri kemenangan di kandang sendiri pada laga bernuansa gengsi North West Derby tersebut.

Liverpool yang menjadi satu-satunya tim tak terkalahkan di Liga Primer musim ini, jadi tambahan motivasi bagi MU untuk mencuri kemenangan di Anfield.

Oleh alasan itulah, Klopp enggan meremehkan MU yang sedang dalam performa terbaiknya pasca melumat Fulham 4-1, akhir pekan lalu. Ditambah dengan krisis lini belakang yang dialami Liverpool jelang laga nanti. Seperti disitat Sky Sports, Joe Gomez, Joel Matip, dan Trent Alexander-Arnold menjadi penghuni terakhir ruang perawatan cedera di kubu tuan rumah.

Ketiganya Cedera usai Liverpool menghadapi Napoli 1-0 di Liga Champions, tengah pekan kemarin. “Tidak beruntung, terutama dengan Joel (Matip). Cederanya datang pada menit akhir permainan (lawan Napoli), ketika saya ditanya wartawan saya tidak bisa menjelaskannya. Pemulihan sudah dimulai, demikian halnya dengan Joe (Gomez). Sementara untuk Trent (Alexander-Arnold), hari demi hari. Tidak baik, tapi selama kami masih punya sejumlah pemain yang cukup, maka tugas kami mencari solusi,” ungkap Klopp, jelang laga.

Sebelumnya, nama-nama seperti Nathaniel Clyne, James Milner, dan Fabinho masih dalam masa pemulihan dan masih diragukan untuk tampil pada laga nanti. Sayangnya, kondisi yang lebih parah justru dialami MU. Nama-nama seperti Victor Lindelof, Alexis Sanchez, dan Marcus Rojo masih cedera. Sementara Luke Shaw, Anthony Martial, Chris Smalling, Matteo Darmian, dan Diogo Dalot masih diragukan tampil. Situasi itu bahkan sudah terjadi sebelum MU menyerah 1-2 dari Valencia di Liga Champions, tengah pekan kemarin.
Namun pelatih sekaliber Jose Mourinho sudah barang tentu mengetahui apa yang harus ia lakukan di laga seperti ini. Apalagi tim berjuluk Setan Merah itu berambisi bisa mengejar ketertinggalan mereka demi menembus jajaran empat besar. Saat ini MU bercool di tangga keenam dengan 26 angka, atau tertinggal delapan angka dari batas akhir zona empat besar, hunian Chelsea yang bakal melawat Brighton & Hove Albion. Sementara Arsenal yang hanya kalah produktivitas gol di bawah Chelsea, akan melawat Southampton. (junius/b)