Wednesday, 27 March 2019

Southampton Hentikan Catatan 22 Laga Tak Terkalahkan Arsenal

Minggu, 16 Desember 2018 — 22:44 WIB
Sundulan Charlie Austin menghentikan catatan tak terkalahkan Arsenal (reuters)

Sundulan Charlie Austin menghentikan catatan tak terkalahkan Arsenal (reuters)

INGGRIS – Rekor tak terkalahkan Arsenal akhirnya terhenti setelah ditaklukkan tuan rumah Southampton dengan skor 3-2 di St Mary’s Stadium, Minggu (16/12/2018).

Danny Ings sempat dua kali membuat tuan rumah unggul di menit ke-20 dan 44 namun Arsenal bisa dua kali menyamakan kedudukan berkat gol Henrikh Mkhitaryan di menit ke-28 dan 53. Namun Charlie Austin membuat tuan rumah meraih kemenangan pertama Southampton bersama manajer baru, Ralph Hasenhuttl di menit ke-85.

Tuan rumah langsung menekan tamunya dari awal babak pertama dan setelah Nathan Redmond gagal memanfaatkan peluang pertamanya, umpan silang Matt Targett dari sisi kiri berhasil diteruskan oleh Ings dari jarak enam meter.

Keunggulan tuan rumah tidak bertahan lama karena delapan menit kemudian, Mkhitaryan menyamakan kedudukan. Umpan silang Nacho Monreal diteruskan dengan sundulan oleh pemain asal Armenia yang pernah bermain di Borussia Dortmund ini.

Ings kembali membuat tuan rumah unggul di jelang akhir babak pertama. Umpan silang dari Redmond diteruskan dengan sundulan oleh Ings yang lolos dari kawalan bek Arsenal asal Swiss, Stephan Lichsteiner.

Di babak kedua, Mkhitaryan kembali menyamakan kedudukan. Dari tepi kotak penalti, sepakan Mkhitaryan membentur kaki bek Southampton, Jannik Vestergaard, dan bola berubah arah, membuat kiper Alex McCarthy tidak bisa menghentikan bola.

Di laga yang keras ini, tekanan tuan rumah membuat alur pertahanan Arsenal kurang terarah dan Southampton kembali mencetak gol di menit ke-75. Dari tendangan pojok, kemelut di depan gawang dimanfaatkan oleh Shane Long untuk menceploskan bola ke gawang Arsenal. Tapi hakim garis menyatakan Long dalam posisi offside saat menerima bola.

Sepuluh menit kemudian, Charlie Austin yang memastikan kemenangan tuan rumah. Kiper Bernd Leno tidak berhasil menghentikan umpan silang Long yang mengarah ke Austin. Penyerang berusia 29 tahun ini tak ragu lagi memanfaatkan peluang dengan menyundul bola ke gawang Arsenal.

Kekalahan ini membuat catatan tak terkalahkan Arsenal di semua kompetisi berhenti di angka 22. Meski kalah, posisi Arsenal tidak berubah, tetap di peringkat lima klasemen. Sedangkan Southampton berhasil mengangkat diri dari zona degradasi. (ids)

SOUTHAMPTON XI: McCarthy; Yoshida, Vestergaard, Bednarek; Valery, Romeu, Hojbjerg, Targett; Redmond, Armstrong, Ings

ARSENAL XI: Leno; Bellerin, Lichtsteiner, Koscielny, Monreal; Xhaka, Guendouzi, Torreira; Mkhitaryan, Iwobi, Aubameyang