Sunday, 25 August 2019

Atasi MU, Liverpool Geser City dari Puncak Klasemen

Senin, 17 Desember 2018 — 0:53 WIB
Xherdan Shaqiri merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Manchester United. (reuters)

Xherdan Shaqiri merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Manchester United. (reuters)

INGGRIS – Liverpool memanjakan penggemarnya di Anfield dalam lanjutan Liga Inggris, Senin (17/12/2018) dini hari WIB. Pasukan Jurgen Klopp ini mengalahkan Manchester United dengan 3-1.

Tambahan tiga angka ini membawa The Reds ke puncak klasmen sementara dengan raihan 45 angka dari 17 laga. Sebelumnya, posisi ini diduduki Manchester City yang mengumpulkan 44 poin. Sementara MU tetap berada di posisi enam.

Begitu laga dimulai, Liverpool langsung menekan. Sebuah peluang didapat Firminho di menit 2. Sayang benturan berujung tendangan penjuru itu tak memberi hasil.

Dua menit berikutnya, MU membobol gawang Liverpool. Tapi gol Lukalu dianulis karena ia terjebak offside sebelum nejyarangkan bola.

Menit 24, Fabinho melepas umpan lambung yang diambil Mane di kotak penalti tanpa pengawalan. Pemain ini langsung membobol jala tuan rumah. Skoe 1-0 untuk LIverpool.

Menit 33, Becker membuat kesalahan saat mengantisipasi bola Lukaku. Bola pun terlepas. lalu Lingard cepat mencepoloskannya ke gawang lawan. Skor menjadi 1-1. Kedudukan bertahan hingga masuk ruang ganti.

Usai jeda, kedua tim berupaya mencetak gol kedua. Firminho menunjukkan kelasnya ketika ia tampil percaya diri untuk membelokkan bola yang siap membobol gawangnya.

Menit 63, Liverpool mendapat peluang. Bek Van Dijk melepas tembakan yang ternyata bisa diblok Fellaini tepat did epan gawang. Semenit berikutnya, Roberton menyelamatkan gawang y usai Young bergerak melepas crossing ke gawang. Tapi ada Robertson yang bisa menghalau bola dengan amat baik.

Menit 73, Shaqiri yang masuk di menit 71 menggantikan keita mencatatkan namanya di papan skor. Gol dicetaknya dengan memanfaatkan bola rebound dari De Gea. Liverpool unggul 2-1.

Tertinggal, MU berupaya bangkit. Namun tekanan belum juga memberi hasil.

Sebaliknya, Shaqiri kembali mencetak gol di menit 80. Memanfaatkan bola Salah, ia melepas tembakan keras yang tak bisa dihalau De Gea. Liverpool melaju dengan skor 3-1.

Kalah telak, MU berupaya melawan sedang Liverpool menurunkan tempo permainan. Beberapa peluang masih didapat The Reds namun sepakan Firminho dan Salah tak ada yang berbuah gol. Pertandingan ditutup dengan kemenangan tuan rumah 3-1. (yp)

Susunan pemain

Liverpool: Becker; Clyne, Lovren, Van Dijk, Robertson; Fabinho, Wijnaldum, Keita; Mane, Roberto Firmino, Mohamed Salah

Man United: David De Gea; Victor Lindelof, Eric Bailly, Matteo Darmian; Diogo Dalot, Nemanja Matic, Ander Herrera, Jesse Lingard, Ashley Young; Marcus Rashford, Romelu Lukaku