Wednesday, 27 March 2019

Puji Messi, Valverde Kehabisan Kata-kata

Senin, 17 Desember 2018 — 20:06 WIB
Momen pelatih Barcelona, Ernesto Valverde bersama Lionel Messi di pinggir lapangan. (reuters)

Momen pelatih Barcelona, Ernesto Valverde bersama Lionel Messi di pinggir lapangan. (reuters)

SPANYOL – Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde mengaku bahwa dirinya kehabisan kata-kata untuk memuji Lionel Messi usai tampil ciamik kala Blaugrana membungkam Levante 5-0 dalam lanjutan La Liga Spanyol di Stadion Ciudad de Valencia, Senin (17/12/2018) dini hari WIB. Kemenangan itu sekaligus membayar lunas kekalahan menyakitkan Barcelona dari Levante di tempat yang sama, musim lalu.

Pada laga yang berlangsung Stadion Ciudad de Valencia bulan Mei 2018 lalu, rekor tak terkalahkan Barcelona harus pupus di kandang Levante usai menyerah 4-5. Tim asal kota Valencia itu bahkan menjadi satu-satunya tim yang mampu mengalahkan Barcelona musim lalu.

Namun kekalahan itu terbayar lunas berkat kemenangan lima gol tanpa balas anak-anak asuh Valverde, dini hari kemarin. “Kami senang karena musim lalu kami bermain di sini dan kemasukan lima gol setelah menjalani musim yang panjang tanpa kekalahan,” ungkap Valverde.

“Kami masih mengingat kekalahan yang menyakitkan itu dan kami harus mengatur semuanya agar bisa membalaskan dendam ini. Akhirnya kami menang dan mencatatkan clean sheet (tidak kebobolan) kali ini. Itu tidak hanya memberikan rasa percaya diri kami secara tim musim ini, tapi juga pembuktian bagi Lionel (Messi),” lanjutnya seperti dikutip El Mundo  Deportivo, usai pertandingan.

Maklum, dalam laga itu, Messi sukses mencetak hattrick untuk mempertegas posisinya sebagai pimpinan daftar topskorer La Liga musim ini dengan 14 gol. Bomber asal Argentina itu unggul tiga gol dari rekan setimnya, Luis Suarez (Uruguay) dan Cristhian Stuani (Girona/Urugay) di urutan kedua dan ketiga.

“Saya tak tahu bagaimana cara menilai dia (Lionel Messi red). Saya tak tahu harus menjawab apa terhadap pertanyaan yang paling sering diulang,” puji Valverde seraya menanggapi kegagalan Messi meraih penghargaan Ballon d’Or.

(BacaMessi Tiga Gol, Barcelona Bantai Levante 5-0)

Valverde bahkan masih penasaran atas kegagalan Messi meraih Ballon d’Or musim ini, meskipun ia dianggap nyaris tidak memiliki celah untuk tidak bermain bagus pada setiap laga. “Dia adalah sosok yang membuat kami bermain bagus pada setiap pertandingan. Dia selalu mempersembahkan gol-gol luar biasa, meski dalam kondisi tidak prima dan kami hanya bisa menikmati apa yang ia perlihatkan di lapangan,” lanjut Valverde terkait tiga gol yang diborong Messi pada menit 43′, 47′, dan 60′.

Sedangkan dua gol tambahan Barcelona dicetak Suarez pada menit ke-35 dan Gerard Pique (88′). Hasil itu kian mempertegas posisi Barcelona sebagai pimpinan klasemen sementara La Liga. Dengan 34 poin, Barcelona unggul tiga angka dari Sevilla dan Atletico Madrid di tangga kedua dan ketiga.

Sedangkan Levante di tangga keenam dengan 22 poin, atau tiga angka dari batas akhir zona Eropa, hunian Getafe. Pada laga lainnya di hari yang sama, Sevilla tekuk Girona 2-0, Espanyol menyerah 1-3 dari Real Betis, dan Huesca ditahan Villarreal 2-2. (junius/ys)