Monday, 21 January 2019

Polisi Segera Bentuk Satgas Pemberantas Pengaturan Skor Sepak Bola

Kamis, 20 Desember 2018 — 17:53 WIB
Korupsi

JAKARTA – Polisi akan membentuk Satgas khusus untuk memberantas pengaturan skor sepak bola Indoesia. Satgas ini juga akan mencari tahu mafia di baliknya.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (20/12/2018). “Satgas mau dibentuk, menangani kasus pengaturan skor masa lalu. Yang akan ditangani sudah ada beberapa kasus tapi alat bukti belum cukup, waktu itu,” katanya.

Menurutnya, penyelidikan akan dilakukan dengna bekerja sama dengan PSSI, PT Liga Indonesia serta pelapor pelanggaran. Sejumlah nama yang kerap disebut terkait dengan pengaturan skor juga akan diperiksa.

“Harus menemukan alat bukti lebih dulu, ada nggak alat buktinya,” ujarnya, “kalau nggak ada, bagaimana mau diangkat?”

Pelanggaran yang dibidik di antaranya tindak pidana penipuan sesuai dengan pasal 378 KUHP. Namun bila masuk dalam penyuapan maka akan dikenakan UU Nomor 11 tentang 1980 yang bisa menjerat pemberi dan penerima suap.

Ia mengatakan belum memastikan waktu pasti pembentukan satgas. “Kata Pak Kapolri sebelum Liga (Indonesia) 2019 bersulir sudah ada satgas,” ucapnya. (*/yp)