Thursday, 22 August 2019

Jokowi : Tahun Depan Pemerintah Gencarkan Pembangunan SDM

Jumat, 21 Desember 2018 — 13:13 WIB
Presiden RI, Joko Widodo. (ist)

Presiden RI, Joko Widodo. (ist)

DEPOK – Tahun depan, pemerintah mulai gencarkan pembangunan sumber daya  manusia. Hal tersebut ditegaskan Presiden Jokowi kepada peserta Apel 1 Abad Hizbul Wathan (HW) di Bumi Perkemahan Cibubur, Jumat (21/12/2018) pagi.

“Tidak bisa tidak. Satu kunci penting adalah pembangunan SDM untuk mewujudkan Indonesia berkemajuan,” kata Jokowi saat Apel 1 Abad Hizbul Wathan (HW) di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (21/12).

Menurutnya,  saat ini Indonesia membutuhkan SDM yang unggul dalam pengetahuan, teknologi, hingga agama. Selain itu diperlukan juga SDM yang inovatif dan tangguh,  agar dapat bersaing dengan negara-negara lain.

Akan tetapi, Jokowi mengatakan, pembentukan SDM tersebut tak bisa hanya dilakukan dengan belajar dalam kelas. Namun memerlukan adanya bimbingan di luar kelas seperti kepanduan HW milik Muhammadiyah.

“Tapi juga memerlukan bimbingan dari gerakan kepanduan, dari gerakan Hizbul Wathan ini. Hizbul Wathan yang didirikan dari ide luar biasa KH Ahmad Dahlan,” ujar Jokowi.

“Hizbul Wathan memiliki tokoh-tokoh luar biasa. Ada Panglima Jenderal Sudirman, Kiai Abdul Kahar Muzakir, Kasman Singodimedjo. Dan ke depannya saya yakin Hizbul Wathan turut melahirkan tokoh baru, panutan baru, anak-anak terbaik dari bangsa ini,” tambahnya.

Kepada anggota HW,  Jokowi berpesan untuk ikut menjaga persatuan dan persaudaraan. Mengingat, Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan beragam perbedaan suku hingga bahasa.

“Saya ingin mengajak kita semua untuk menjaga persatuan persaudaraan kerukunan, menjaga ukhuwah Islamiah wathaniah. Karena aset terbesar bangsa adalah persatuan dan kerukunan,” pungkasnya.

Kehadiran Presiden Jokowi ke Buperta Cibubur mendapat pengawalan ketat Polresta Depok

Kasat Lantas Polresta Depok Kompol Sutomo mengatakan pengamanan ketat selain sudah dari keprotokolan juga dari anggota Satlantas Polresta Depok yang  membantu kelancaran lalu lintas yang akan dilewati rombongan Presiden.

“Bapak Presiden beserta rombongan baru tiba masuk ke dalam lokasi Buperta tadi sekitar pukul 07.00 WIB dari Istana Bogor melewati Jalan Tol JORR,” ujarnya .
Terkait pengamanan jalur, Kompol Sutomo juga telah melakukan beberapa penjagaan anggota disejumlah titik antisipasi kemacetan. “Jumlah personil Lantas kita turunkan sebanyak 40 anggota dengan ditempatkan pada enam titik jalur yang akan dilewati rombongan Presiden,” katanya.(angga/tri)