Monday, 25 March 2019

Kebakaran, Lagi-lagi Korsleting Listrik

Senin, 7 Januari 2019 — 7:05 WIB

MUSIBAH kebakaran menimpa ratusan warga di perumahan padat penduduk Jalan Jelambar Utama IV, Gang Abadi, Petamburan, Jakbar. Akibat musibah itu satu orang tewas.

Berdasarkan keterangan saksi mata, musibah kebakaran yang memaksa 92 keluarga ini mengungsi, karena adanya hubungan arus pendek atau korsleting listrik dari rumah salah satu rumah warga.

Kebakaran terutama di permukiman padat di wilayah Jakbar bukan kali ini saja. Catatan Sudin Penanggulangan Kebakaran Jakbar, sampai akhir Juni 2018 sudah 146 musibah kebakaran di wilayah tersebut.

Angka ini meningkat 13 kasus dibandingkan pada 2017 yang cuma 133 kebakaran ‎ terjadi di Jakbar dalam kurun waktu sama. Sumber penyebab kebakaran sebagian besar, karena korsleting listrik.

Korsleting yang dalam bahasa Belanda kortsluiting adalah suatu hubungan dengan tahanan listrik yang sangat kecil, mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar dan bila tidak ditangani dapat mengakibatkan ledakan dan kebakaran.

Kebakaran yang diakibatkan korsleting listrik seperti menjadi penyebab klasik bukan saja di Jakbar, tetapi juga di Jakarta.

Pada periode Januari hingga Agustus 2018, sesuai dengan data Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta tercatat ada 1.087 kasus. Lagi-lagi, penyebabnya 70 persen diantaranya karena persoalan kelistrikan.

Banyak kasus musibah kebakaran dari masa ke masa perlunya semua pihak meningkatkan kewaspadaan, terutama seputar kelistrikan baik di dalam rumah maupun permukiman.
Kenapa? Dahsyatnya kasus kebakaran sebagai bukti atau indikasi minimnya kesadaran warga terhadap antisipasi terhadap musibah yang terkait soal listrik ini.

Stakeholder atau pemangku jabatan di wilayah dari tingkat RT/RW, kelurahan, kecamatan, dan lainnya jangan bosan menyadarkan warga tentang bahaya korsleting listrik.

Sosialisasilah secara masif dan bila perlu dengan cara door to door memberitahu warga. Sebagai langkah pencegahan, misalnya mengimbau agar tidak banyak menumpuk steker listrik, karena colokan kabel bisa mudah hangus, korslet hingga kebakaran.

Warga juga diberikan pemahaman jangan menyantol litsrik sembarangan, karena sangat membahayakan. Selain itu, gunakan kabel atau peralatan listrik yang berkualitas baik. Langkah-langkah ini setidaknya bisa mengurangi musibah kebakaran yang disebabkan korsleting listrik. @*