Thursday, 25 April 2019

Raja Malaysia Resmi Turun Tahta

Senin, 7 Januari 2019 — 13:36 WIB
Sultan Muhammad V mundur dari jabatan sebagai Raja Malaysia. (ist)

Sultan Muhammad V mundur dari jabatan sebagai Raja Malaysia. (ist)

MALAYSIA – Raja Kelantan Sultan Muhammad V resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Yang di-Pertuang Agong atau Raja Malaysia.

“Yang Mulia siap untuk kembali ke Kelantan dan berada bersama pemerintah negara bagian,” sebut pernyataan Istana Negara, dikutip AFP, Senin (7/1/2019).

Sultan Muhammad V mundur naik tahta pada Desember 2016. Ia dipilih oleh sembilan Sultan atau raja negara bagian untuk mengemban tugas sebagai Raja Malaysia selama lima tahun setelah resmi diangkat.

“Sultan Muhammad V telah melaksanakan tanggung jawabnya sebagai Raja Malaysia untuk memastikan stabilitas, keadilan dan persatuan rakyat,” lanjut pernyataan tersebut.

Tidak jelas alasan yang diberikan Sultan Muhammad V berkaitan dengan pengunduran dirinya. Pihak istana pun tidak menyebutkannya dalam surat pernyataan yang dipublikasikan.

Nikahi Putri Kecantikan Rusia

Sejak akhir 2018 lalu, Sultan Muhammad V mengajukan cuti. Semestinya cuti tersebut berakhir pada 1 Januari 2019, setelah Sultan Perak Nazrin Shah habis masa tugas sementaranya.

Selama dua bulan cuti, Sultan Muhammad V membuat heboh karena dikabarkan menikahi ratu kecantikan Rusia secara diam-diam. Kabar itu juga tak pernah dikonfirmasi Kerajaan Malaysia.

Pada Jumat lalu, media lokal The New Strait Times mengatakan dewan kerajaan dikabarkan menggelar pertemuan darurat pada Rabu lalu. Rapat tersebut ternyata membahas hal penting yang harus didiskusikan monarki yang diduga terkait nasib Sultan Muhamad V.(mb)