Monday, 21 January 2019

Reuni Para Mantan Pelajar Berujung Aksi Kurang Ajar

Rabu, 9 Januari 2019 — 7:18 WIB
gara-gara reuni-dia 19

INI kisah klasik petualangan reuniwan. Handoko, 40, ketika menghadiri reuni sekolahnya SMP di Malang puluhan tahun lalu, berani berbuat kurang ajar pada Dewinta, 39, bekas kekasihnya dulu. Meski perempuan itu kini sudah jadi istri orang, dibawanya ke hotel. Tentu saja suaminya mencak-mencak.

Kini semakin marak kegiatan reuni-reunian. Jika reuni keagamaan dicampur politik bikin resah pemerintah, reuni kalangan pelajar bisa bikin resah kalangan suami maupun istri. Soalnya kini makin benyak kejadian, reuni justru menjadi ajang praktek CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali). Cinta pertamanya yang kandas karena terhalang perjalanan nasib, begitu ketemu tergoda untuk kembali menyukseskan cintannya yang dulu kandas.

Salah satu korbannya adalah Kasminto, 46, warga kota Malang. Sebagai lelaki yang sibuk bekerja sehingga kurang piknik, mengizinkan saja istrinya, Dewinta, ikut menghadiri reuni sekolahnya di SMP dulu. Dia sangat bisa memaklumi, ketemu teman-teman lama pastilah bahagianya selangit, karena bisa mengenang kembali kejadian masa lalu. Dan itu sangat menggembirakan bagi para peserta reuni.

Dewinta sendiri memang sangat bahagia bisa bertemu teman-teman lama. Bahkan tak hanya berkomunikasi lewat grup WA, tapi juga sering bertemu secara rutin untuk wedangan bersama. Dia sering minta izin suaminya untuk menghadiri acara wedangan sesama alumni SMP-nya dulu. Lagi-lagi Kasminto percaya saja.

Celakanya, Dewinta tanpa sadar telah menyia-nyiakan kepercayaan suami. Dengan Handoko temannya dulu, ternyata kisahnya berlanjut tak sekedar wedangan. Habis wedangan bersama keduanyua menyelinap ke suatu tempat yang namanya hotel. Rupanya keduanya menuntaskan birahi masa lalu yang terkendala. Dulu mereka memang pernah terlibat “first love”, maka kini saatnya ber-CLBK-ria.

Bagi Handoko, meski kini statusnya sekedar “generasi penerus”, nggak masalah. Yang penting berhasil menuntaskan dendam masa mudanya dulu. Kalau sudah milik, rejeki memang takkan lari ke mana-mana. Begitu juga Dewinta, CLBK-nya bersama Handoko memang sangat berkesan, sampai lupa bahwa di rumah sudah ada suami dan anak-anak.

Permainan Handoko-Dewinta sangat rapi, sehingga teman wedangan tak berhasil mencium gelagatnya. Dalam acara wedangan keduanya nampak biasa-biasa saja, seperti ada jarak. Tapi di luar wedangan, terutama setelah di dalam hotel, kalau ada jarak tinggal nol sentimeter. Mereka lengket-ket, suka bergulat seru antara hidup dan mati.

Skandal itu terungkap saat Kasminto menemukan SMS mesra di HP istrinya untuk teman SMP-nya itu. Penyelidikan dan pembuntutan dilakukan, hasilnya dia berhasil menangkap basah Handoko-Dewinta kencan di hotel. Tentu saja teman-teman SMP wedangan kaget, kok sampai segitunya permainan Handoko-Dewinta.

Akhirnya mereka sekedar bisa prihatin, ketika suami Dewinta ini membawa kasus permesuman istrinya itu ke Pengadilan Agama. Bagi Kasminto sendiri, menceraikan Dewinta merupakan jalan terbaik. Selanjutnya terserah pada bekas istrinya, mau nikah dengan gebedannya dulu itu, atau bertahan pada kejombloannya sebagai janda, bodo amat.

Lho, Amat salah apa kok dibodoh-bodohkan juga? (*/Gunarso TS)