Wednesday, 17 July 2019

Bantai Burton Albion 0-9, Manchester City Nyaris Pasti ke Final

Kamis, 10 Januari 2019 — 5:18 WIB
Gabriel Jesus cetak empat gol ke gawang  Burton Albion (reuters)

Gabriel Jesus cetak empat gol ke gawang Burton Albion (reuters)

INGGRIS- Manchester City terlalu sangat tangguh bagi Burton Albion pada laga leg pertama semifinal Piala Liga. Betapa tidak Man City menang telak 9-0 di Etihad, Kamis (10/1/2019) dinihari WIB.

Empat gol The Citizen dicetak oleh Gabriel Jesus yaitu menit ke-30, menit ke-34, menit ke-57 dan menit ke-65. Lima gol lain diciptakan ole Kevin de Bruyne menit kelima, Zinchenko menit ke-37, Foden menit ke-62, Walker menit ke-79 dan Mahrez menit ke-83.

Dengan kemenangan ini Manchester City nyaris dipastikan lolos ke final. Hanya mujizat yang bisa membawa Burton Albion lolos di leg kedua pekan depan dengan menang minimal 10-0.

Man City kuat kemungkinan bertemu Tottenhan Hotspur yang pada laga leg pertama di Wembley menang 1-0 atas Chelsea. Memang peluang Chelsea masih sangat terbuka karena leg kedua bermain di kandang dan wajib menang 2-0 atas Spurs.

Menghadapi Burton Albion, sebetulnya pelatih Pep Guardiola tidak menurunkan seluruhnya pemain terbaiknya.

Seperti Raheen Sterling yang semula bakal jadi starter ternyata namanya hanya ada di bangku cadangan. Demikian juga Sergio Aguero malah sama sekali tidak diikutsertakan.

Meski demikian Man City terlalu tangguh bagi Burton. Catatan yang ada The Citizen menguasai laga hingga 72 persen dan memiliki peluang 14.
Baru lima menit laga berlangsung sudah unggul setelah tandukan Kevin De Bruyne memanfaatkan umpan silang David Silva gagal dihentikan kiper Bradley Collins.

Meski sempat tersendat namun menit ke-30 City menambah keunggulan lewat Gabriel Jesus. Pemain asal Brasil itu mampu menyelinap ke kotak penalti untuk menuntaskan bola liar dari usaha Leroy Sane.

Setelah itu City tidak terbendung empat menit kemudian Gabriel Jesus mencetak gol keduanya disusul menit ke-37 tembakan Zinchenko yang tidak mampu dijangkau Collins lantaran agak jauh meninggalkan gawangnya. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 4-0.

Memasuki babak kedua City kian tidak terbendung tim tamu. Menit ke-57 Gabriel Jesus mencetak gol ketiganya menuntaskan umpan silang Mahrez.

Menit ke-62 Gabriel Jesus nyaris mencetak gol keempatnya ketika dia sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Burton Albion namun sepakannya berhasil dihentikan Collins. Tetapi Foden berada di posisi tepat untuk mengarahkan bola ke gawang.

Akhirnya Gabriel Jesus mencetak gol keempatnya tiga menit kemudian usai menerima umpan manis dari Leroy Sane.

Walker dan Riyad Mahrez melengkapi keperksaan Manchester City dengan gol-gol mereka . (b)