Tuesday, 23 July 2019

Menanti Gebrakan Messi di Kandang Levante

Kamis, 10 Januari 2019 — 5:00 WIB
Striker Barcelona, Lionel Messi melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Getafe. (reuters)

Striker Barcelona, Lionel Messi melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Getafe. (reuters)

SPANYOL – Meski menurunkan mayoritas para pemain mudanya, pelatih Barcelona, Ernesto Valverde tetap akan membawa bomber andalan mereka Lionel Messi saat menyambangi Levante pada leg pertama babak 16 besar Piala Raja atau Copa del Rey di Stadion Ciudad de Valencia, Jumat (11/1/2019) pukul 03:30 WIB.

Rekor fantastis yang dimiliki Messi menghadapi Levante, menjadi pertimbangan bagi Valverde yang kemungkinan akan menurunkannya sebagai starter pada laga ini.

Maklum, Messi menjadi satu-satunya pemain pada lima kompetisi liga top Eropa yang sukses mengemas banyak gol menghadapi tim tertentu. Dan lawan tersebut tentunya, Levante.

Kapten Barcelona itu berhasil mencetak 11 gol dalam 13 pertemuan terakhir dengan Levante pada pentas La Liga. Dua laga di antaranya bahkan diukir Messi dengan dua kali hattrick dan mengemas empat assist. Messi bahkan berkontribusi langsung dalam melahirkan 35 gol Barcelona ke gawang Levante dalam 17 pertemuan terakhir melawan Levante di berbagai ajang.

Messi kini punya peluang untuk menambah rekor fantastisnya melawan Levante saat bentrok pada laga nanti. Alasan itu pula yang membuat Valverde kemungkinan bakal menurunkan Messi sejak menit-menit awal.

“Ini akan menjadi pertandingan yang istimewa bagi Lionel (Messi). Saya pikir ini tidak bisa ia lewatkan begitu saja, meskipun saya sadar ia benar-benar membutuhkan istirahat di tengah padatnya kompetisi bulan Januari ini,” tandas Valverde seperti dikutip El Mundo Deportivo.

Selain Messi, Velverde juga akan memberikan kesempatan kepada para pemain mudanya, termasuk pemain debutan seperti Jeison Murillo. Bek asal Kolombia tersebut baru datang ke Barcelona di bursa transfer musim dingin ini.

Dengan cedera yang dialami Samuel Umtiti dan Thomas Vermaelen, Murillo diprediksi akan mendapatkan kesempatan untuk menjalani debut di laga melawan Levante. Dengan pengalamannya bermain di Inter dan Valencia, Murillo tentu diharapkan bisa menjadi pemain pelapis yang baik.

Bahkan, jika tampil apik, bek berusia 26 tahun itu bisa saja menjadi andalan utama bagi Barcelona demi menyiasati ketatnya kompetisi sebelum bergulirnya babak 16 besar Liga Champions, bulan Februari mendatang.

Sebagai juara bertahan, Copa del Rey juga bisa menjadi ajang pembuktian bagi Valverde di bangku kepelatihan Barcelona. Pasalnya, Valverde rupanya masih belum mendapat tempat di hati fans Barcelona yang masih kecewa setelah membuang keunggulan 4-1 saat disingkirkan AS Roma di Liga Champions, musim lalu.

Situasi itu tentu bakal dimanfaatkan Levante untuk membalas dendam usai kalah 0-5 dari Barcelona pada pertemuan terakhir. Pelatih Paco Lopez bahkan siap menurunkan kekuatan penuh untuk membayar kekalahan tersebut.

Pada laga lainnya, Athletic Bilbao akan menjamu Sevilla dan Real Betis kedatangan Real Sociedad. Sebelumnya, Sporting Gijon menang 2-1 atas Valencia 2-1, Rabu (9/1/2019) dini hari WIB. Dua gol kemenangan Gijon dicetak Javier Noblejas (34′) dan Nick Blackman (79′). Sementara gol balasan Valencia dicetak Daniel Parejo pada menit ke-45. (junius/ys)

Levante v Barcelona
Jumat (11/1/2019), 03:30 WIB
Stadion Ciudad de Valencia

REKOR PERTEMUAN:
17/12/18, Levante vs Barcelona 0-5
14/05/18, Levante vs Barcelona 5-4
07/01/18, Barcelona vs Levante 3-0
07/02/16, Levante vs Barcelona 0-2

PRAKIRAAN PEMAIN:
Levante (3-4-1-2): Aitor (g); Coke, Postigo, Chema; Pedro Lopez, Vukcevic, Prcic, Tono; Rochina; Boateng, Mayoral.
Barcelona (4-3-3): Cillessen (g); Alba, Murillo, Pique, Semedo; Alena, Busquets, Arthur; Coutinho, Messi, Malcom.