Wednesday, 17 July 2019

Solari dan Isco Tak Harmonis, Bos Real Madrid ‘Colek’ Mourinho

Kamis, 10 Januari 2019 — 17:57 WIB
Jose Mourinho. (reuters)

Jose Mourinho. (reuters)

SPANYOL – Meski sukses meraih kemenangan perdana bagi Real Madrid pada 2019, posisi Santiago Solari di bangku kepelatihan belum sepenuhnya aman. Rumor pemecatan Solari bahkan makin santer diberitakan, menyusul tindakan Isco sebelum Madrid menggilas Leganes 3-0 pada leg pertama babak 16 besar Piala Raja atau Copa del Rey, Kamis (10/1/2019) dini hari WIB.

Ya, Isco kedapatan turut memberikan dukungan atas kritikan yang dicuitkan seorang fans Madrid di Twitter. Sebuah akun dengan username @iepanto membuat kicauan yang isinya menyindir keputusan Solari dengan lebih memilih memainkan Dani Ceballos dan Casemiro sebagai starter daripada Isco usai Madrid menyerah 0-2 dari Real Sociedad di pentas La Liga Spanyol, tengah pekan kemarin. Kicauan itu kemudian di-like oleh Isco yang tidak lama kemudian kembali dihapus.

Tindakan Isco itu kian menguatkan adanya hubungan yang tidak harmonis antara Isco dan Solari, menyusul performa buruk Madrid pada dua laga sebelumnya. Hal itu masih terlihat setelah Solari baru memainkan Isco pada menit ke-71 untuk menggantikan Lucas Vazquez saat melawan Leganes, dini hari kemarin. Saat itu peran Isco bahkan sudah tidak berpengaruh lagi, mengingat Madrid sudah unggul dua gol lebih dulu lewat aksi Sergio Ramos (penalti, 44′) dan Lucas Vazquez (77′).

(BacaTaklukkan Leganes 0-3 Satu Kaki Real Madrid di Babak Delapan Besar)

Madrid akhirnya bisa melengkapi kemenangan pada laga tersebut berkat gol Vinicius Junior (77′). Namun, kemenangan perdana Madrid pada 2019 ini belum menjamin posisi Solari aman dari pemecatan. Apalagi AS melansir jika pihak klub sudah mengontak Jose Mourinho yang saat ini masih menganggur pasca dipecat Manchester United (MU).

“Manajeman klub telah mengontak Mourinho atas permintaan Presiden Klub, Florentino Perez,” bunyi petikan yang dilansir AS.

Selama ini Mourinho memang masih menjalin hubungan dengan Perez, meski pelatih asal Portugal itu sudah tidak berada di Bernabeu. Hubungan itu bahkan masih terjaga saat Mourinho masih menukangi Chelsea dan MU pasca hengkang dari Bernabeu pada 2013 silam.

Perlu dicatat, Solari semula memang didapuk menggantikan Julen Lopetegui hingga akhir musim ini. Artinya, Solari masih punya kesempatan memulihkan reputasinya di hadapan fans Madrid.

Selain mendongkrak posisi Madrid di papan klasemen La Liga Spanyol dan melangkah jauh di Liga Champions dan Copa del Rey. Di ajang Copa del Rey, Madrid bahkan tetap lolos ke babak perempatfinal, meski kalah dengan selisih dua gol pada leg kedua di kandang Leganes pada 17 Januari mendatang. (junius/ys)