Monday, 18 March 2019

DI Cepu, Sandi Janji Utamakan Pekerja Lokal, Batasi Tenaga Asing

Jumat, 11 Januari 2019 — 23:29 WIB
Cawapres Sandiaga Uno saat kampanye  di Cepu. (ist)

Cawapres Sandiaga Uno saat kampanye di Cepu. (ist)

BLORA – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Uno berjanji akan meningkatkan penyerapan tenaga kerja lokal ketimbang asing di Blora, khususnya di Kecamatan Cepu yang begitu kaya akan kandungan minyak buminya.

Janji ini disampaikan Sandi atas keluhan Syaiful Malik yang merasa daerahnya tidak memberdayakan masyarakat lokal, sementara tenaga-tenaga terbaik Cepu mencari kerja di luar negeri demi medapatkan upah yang lebih baik.

“Bayangkan pak saya asli Cepu, lahir dan besar di kota ini. Tapi dari dulu sampai sekarang, kota yang seharusnya tidak cocok lagi sebagai kecamatan ini, dengan kandungan minyak yang begitu besar, tapi sulit cari kerja, sementara tenaga kerja Cepu menjadi TKI, karena gaji yang kecil,” ujar Syaiful kepada Sandi saat menggelar dialog dengan para pengusaha dan tokoh masyarakat Cabak, Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jumat (11/1/2019).

Menurut Sandi, daerah Cepu punya banyak proyek strategis nasional. Sehingga dapat menciptakan lapangan kerja yang baik

“Daerah Cepu menjadi devisa dan gerak ekonomi nasional yang menciptakan lapangan kerja. Dan harus dipertimbangkan, masyarakatnya harus menikmati kekayaan yang dikandung tanahnya,” ucap Sandi.

Salah satu caranya, menurut Sandi, dengan memberikan kesempatan masyarakat Cepu untuk bekerja di industri perminyakan.

“Sayang jika pemerintahan sekarang lebih mengutamakan tenaga kerja asing, padahal harusnya tenaga kerja lokal lebih diutamakan. Kami akan batasi pekerja asing dan mengutamakan tenaga kerja anak negeri jika diberi amanat untuk melayani rakyat Indonesia di tahun 2019,” tandas Sandi. (cw6/win)