Monday, 21 January 2019

KPU: Pertanyaan Debat Sudah Diberikan ke Paslon, Sifatnya Rahasia

Jumat, 11 Januari 2019 — 21:34 WIB
Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi. (kpu)

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi. (kpu)

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengirimkan pertanyaan dari enam panelis debat calon presiden dan calon wakil presiden  kepada masing-masing tim pasangan calon. Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan 20 pertanyaan telah dikirim pada Kamis (10/1/2019) malam.

“Jadi pertanyaan juga sudah rapi semalam sudah diberikan pukul 23.00 kepada kedua wakil dari masing-masing paslon. Ada 20 daftar pertanyaan,” ujar dia di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (11/1/2019).

KPU memastikan masing-masing paslon akan menerima daftar pertanyaan yang sama. Terkait kerahasiaan, Pramono menyatakan kedua tim paslon sudah bersepakat tidak menyebarluaskan daftar pertanyaan panelis ke publik dengan menandatangani surat pernyataan.

“Ketika menyerahkan (kerahasiaan)  kepada masing-masing wakil paslon. Mereka juga sudah menandatangani surat pernyataan bahwa daftar pertanyaan ini bukan untuk disebarluaskan. Kecuali diberikan kepada pasangan calon. Nanti terserah pasangan calon untuk membukanya, membahasnya dengan lingkungan yang sangat terbatas mungkin dengan konsultannya dan sebagainya,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menerangkan jawaban paslon dari pertanyaan yang diberikan panelis akan bersifat uraian. Hal ini, imbuhnya, guna mengetahui kedalaman visi misi pada satu persoalan yang dipertanyakan.

“Pertanyaan itu kita ingin menggali gagasan wawasan sikap politik maupun visi misi paslon. Jadi ini bukan sekedar menanyakan ya atau tidak atau A atau B, tapi kita ingin menggali secara mendalam apa yang ditawarkan masing-masing paslon untuk soal hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Strategi lima tahun akan datang,” tandas Pramono.

Debat perdana capres dan cawapres akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada 17 Januari mendatang. Debat dengan tema korupsi, hukum, HAM dan terorisme itu akan dipandu Ira Koesno dan Imam Priyono. (ikbal/win)