Monday, 21 January 2019

Rakornas PDI Perjuangan Hasilkan 12 Rekomendasi

Jumat, 11 Januari 2019 — 14:06 WIB
Penutupan Rakornas PDI Perjuangan oleh Megawati Soekarnoputri. (ikbal)

Penutupan Rakornas PDI Perjuangan oleh Megawati Soekarnoputri. (ikbal)

JAKARTA – Ketua Umum Megawati Soekarnopitri secara resmi menutup Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PDI Perjuangan, Jumat (11/1/2019). Rakornas yang dimulai sejak Kamis (10/11/2019)  berhasil menghasilkan 12 poin rekomendasi.

Megawati mengaku gembira pelaksanaan Rakornas yang bersamaan dengan peringatan HUT ke-46 PDI Perjuangan berjalan baik dan dapat diikuti hingga tingkat Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan.

“Saya memutuskan mengundang PAC yang akhirnya dapat, berhasil karena kendalanya (awal) memperhitungkan tempat tinggal,  mempersiapkan transportasi lalu juga untuk makanan,” katanya di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Dengan mengucapkan alhamdulillah dengan ini HUT ke-46 PDIP dan Rakornas PDI Perjuangan secara resmi saya tutup,” tandas Megawati saat menutup.

Sebelum ditutup, 12 rekomendasi hasil Rakornas dibacakan oleh Ketua DPP non aktif PDI Perjuangan, Puan Maharani. Terkait Pemilu 2019, PDI Perjuangan berkomitmen mengikuti seluruh tahapan pemilu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan menjunjung etika dan keadaban politik.

“Serta menjaga dan mengawal agar proses Pemilu Serentak tahun 2019 ini berjalan dengan aman, damai, bebas, jujur dan adil,” kata Puan.

PDIP juga menyatakan dukungan terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan pemilu secara profesional. Dukungan juga diberikan kepada Badan Pengawas Pemilu, Kepolisian dan Kejaksaan untuk bertindak tegas terhadap segala bentuk pelanggaran termasuk tindak pidana pemilu.

Partai pemenang pemilu 2014 itu juga mengajak peserta pemilu  dan seluruh lapisan masyarakat bersama-sama menghindari kampanye hitam dan hoaks.

“Memerangi segala bentuk kampanye hitam, berita bohong (hoax), politik uang, fitnah, dan ujaran kebencian yang dapat merusak dan mencederai  demokrasi Indonesia serta dapat menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Puan menambahkan Rakornas juga menyepakati agar semua struktural partai dan calon anggota legislatif, relawan dan kelompok bergerak di masing-masing wilayah untuk memenangkan Jokowi – Ma’ruf Amin.

“Rakornas menyepakati agar seluruh struktural partai, kader partai serta seluruh calon anggota legislatif partai di setiap tingkatan untuk mengambil inisiatif dalam menggerakkan seluruh partai koalisi pengusung Ir. H Joko Widodo – KH. Maruf Amin, relawan dan kelompok-kelompok masyarakat untuk menjamin pemenangan di wilayahnya masing-masing,” ucapnya.

Lebih lanjut, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mengatakan Rakornas juga memberikan beberapa rekomendasi kepada pemerintah diantaranya tetap berkomitmen menjaga

keamanan dan perdamaian dunia maupun wilayah termasuk dukungan terhadap kemerdekaan bangsa Palestina dan penyelesaian masalah Rohingnya dalam kapasitasnya  sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019 – 2020. (ikbal/mb)