Tuesday, 25 June 2019

Warga Purwakarta Ketakutan Diserbu Ulat Bulu

Jumat, 11 Januari 2019 — 0:05 WIB
Warga berusaja memusnahkan ulat bulu

Warga berusaja memusnahkan ulat bulu

PURWAKARTA – Warga di Rt 10/10 Kampung Upas Kelurahan Nagri Kidul, Purwakarta, Jawa Barat, mengeluhkan serbuan ulat bulu dalam sepekan ini.

Selain dikhawatirkan masuk ke rumah rumah , ulat ulat bulu itu bahkan sebagian ditemukan menempel hingga dinding bangunan Sekolah Dasar Negeri Singawinata I.

Guna mengantisipasi kian meluasnya penyebaran ulat bulu, aparat RT dan RW setempat menggandeng petugas Kelurahan Nagri Kidul serta Mantri Polisi Kecamatan Purwakarta melakukan penyemprotan hama ulat bulu menggunakan insektisida. Gotong royong tersebut dipimpin Kepala Kelurahan Nagri Kidul Nursyamsu Wahyudin.

“Penyemprotan hama ulat ini sebagai upaya antisipasi saja agar tidak menyebarluas dikampung ini,” ujar Lurah, Kamis (10/01/2019).

Menurutnya, pihaknya mendapati laporan dari aparat RT dan RW setempat bahwa pada sepekan ini wilayah pemukiman mereka diserang hama ulat bulu.

“Sebagai bentuk tindak lanjut, hari ini dikerahkan 20 orang terdiri staf kelurahan, Mantri Polisi Kec Purwakarta, komunitas lingkungan hidup Ciber, LSM NKRI, Ketua RT dan RW 10, Ketua Karang Taruna serta masyarakat,”ungkap dia.

Ketua RT 10 Kampung Upas, Mamat Daryo menambahkan tidak mengetahui persis asal muasal datangnya ulat bulu tersebut. “Tahu tahu sudah banyak,”kata dia.

ulat-bulu

Ulat ulat bulu itu ditemukan dibelakang area gedung SD Singawinata yang kebetulan dipenuhi rumput ilalang. “Mungkin karena rumput sudah lebat sehingga banyak ulat. Alhamdulillah hari ini bisa kita bersihkan area tersebut secara gotong royong,”ujarnya.

Diakuinya, sejauh ini belum didapati laporan warganya terkena penyakit gatal ditimbulkan dari serbuan ulat bulu.”Alhamdulillah, belum ada. Ini antisipasi saja sebelum memakan korban,”pungkasnya. (dadan/b)