Wednesday, 19 June 2019

Berkumpul dengan Ojol, Jokowi Pamer Prestasi

Sabtu, 12 Januari 2019 — 14:51 WIB
Presiden Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai silaturahmi nasional dengan Keluarga besar pengemudi online. (yendhi)

Presiden Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai silaturahmi nasional dengan Keluarga besar pengemudi online. (yendhi)

JAKARTA – Kinerja empat tahun Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut dipamerkan dalam acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) Jokowi dengan ribuan Keluarga Besar Pengemudi Online di Jakarta Internasional Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (12/1/2019).

Setelah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan sambutan dan laporan kepada Jokowi, pembawa acara memimpin diputarnya video pencapaian Presiden Jokowi selama lima tahun pemerintahan.

“Mari kita saksikan apa saja yang sudah dilakukan oleh Presiden Jokowi selama lima (empat–red) tahun,” kata pembawa acara.

Kemudian slide demi slide foto dan video yang dikemas dalam sebuah video kegiatan Jokowi diputar di hadapan ribuan pengemudi ojek online yang mayoritas mengenakan baju hijau.

Dalam video tersebut nampak berbagai macam kegiatan Jokowi di beberapa wilayah Indonesia, mulai dari acara peresmian jalan tol hingga bertatap muka langsung dengan petani.

Kinerja Lima Tahun Jokowi dipamerkan-yendhi

Beberapa kesuksesan yang dimuat dalam video di antaranya lima pilar pembangunan, pertumbuhan ekonomi yang disebut stabil, pengangguran menurun, pembangunan sejumlah infrastruktur salah satunya Trans Papua, revitalisasi sejumlah bandara, bantuan kesehatan dan pendidikan.

Kemudian program dana desa, program sertifikat tanah, program listrik untuk rakyat, pengambil alihan saham Freeport serta kesuksesan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games. Gemuruh tepuk tangan menutup pemutaran video tersebut.

Saat sambutan, Jokowi mengapreasi profesi pengemudi online. Bahkan dia mengaku marah dan jengkel ketika ada orang yang meremehkan profesi tersebut. Mantan Walikota Solo ini menyebut pekerjaan ojek online sangat mulia dan memiliki penghasilan yang sangat cukup setiap bulannya.

(BacaJokowi Marah Profesi Pengemudi Transportasi Online Dihina)

Bahkan, profesi ini memiliki waktu kerja yang fleksibel, bisa mengatur waktu kerja dan libur sesuai keinginan sendiri. Berbeda dengan dirinya yang tidak pernah libur.

“Mau setengah hari silakan, mau Sabtu-Minggu libur silahkan, mau Senin sampai Minggu libur ya silakan. Ya kalau kantongnya sudah banyak mau ambil Senin sampai Minggu libur dulu. Kalau saya, saya ini enggak Sabtu enggak Minggu enggak pernah bisa libur, isinya hanya kerja terus,” kata Jokowi.

Dewasa ini, kata Jokowi, kecepatan menjadi kunci jika ingin maju. Termasuk profesi online yang mengandalkan pelayanan cepat dari segi cara pemesanan hingga penjemputan. Begitu pula negara, menurut Jokowi, negara besar tidak menjadi jaminan mengalahkan negara kecil. Namun, negara cepat sudah pasti akan mengalahkan negara lambat.

“Negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat. Kunci kecepatan pelayanan, negara besar belum tentu mengalahkan negara kecil tapi negara cepat akan mengalahkan negara lambat, itu pasti,” tegas Jokowi. (yendhi/ys)