Wednesday, 16 January 2019

DP 0 Persen Kredit Motor dan Mobil Tidak Membahayakan

Sabtu, 12 Januari 2019 — 0:40 WIB
honda-cbr

JAKARTA – Menko Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, penawaran uang muka (DP) nol persen terhadap kredit sepeda motor dan mobil tidak akan membahayakan perusahan leasing tidak akan berdampak besar.

“Sebelumnya DP nol persen sudah diterapkan perusahaan pembiayaan,” kata Darmin, terkait adanya Peraturan OJK tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan, Jumat (11/1).

Kalaupun ada dampaknya, Darmin mengungkap, tidak begitu besar. Sebab perusahaan leasing sudah menerapkan uang muka nol persen bukan sekarang saja, tapi sudah sejak lama.

Menurut Menko, kebijakan baru tentang perusahan pembiayaan tidak akan menambah risiko kredit macet di perbankan. Sebab bank tidak menyalurkan kredit sepeda motor dan mobil.
“Yang menyalurkan kredit sepeda motor dan mobil kan perusahaan pembiayaan,” jelasnya.

SUDAH PENGALAMAN

Ia mengemukakan, perusahaan pembiayaan sudah memiliki pengalaman bagaimana menyalurkan pembiayaan kredit sepeda motor dan mobil. “Mereka sudah mengetahui bagaimana menekan risiko kredit macet,” jelasnya.

Sebab, Darmin menambahkan para perusahaan pembiayaan memiliki skema. Skema mereka berbeda dengan perbankan.

“Bank tak mau mau tanpa DP, karena mereka tak mau repot-repot mengenal calon nasabahnya. Sebaliknya perusahaan pembiayaan akan melihat rumah, karena punya orang. Jadi mereka berani menawarkan DP nol persen,” ucapnya. (*/bi/st)