Saturday, 20 July 2019

Epy Kusnandar Begitu Mengangumi Didi Petet

Sabtu, 12 Januari 2019 — 18:31 WIB
Epy Kusnandar. (mia)

Epy Kusnandar. (mia)

JAKARTA – Epy Kusnandar mengagumi sosok almarhum aktor Didi Petet. Kebanggaanya terhadap pemeran Kabayan itu ia tuangkan dalam film terbarunya berjudul ‘Preman Pensiun’.

Awalnya Epy sempat pesimis didapuk menjadi pemeran utama lantaran layar lebar berbeda dengan sinetron ‘Preman Pensiun’ yang tayang di televisi.

“Sosok Didi Petet ya awalnya sosok yang saya kejar-kejar sejak dulu karena saya dulu idola banget. Bukan sama wajahnya yang kurang bagus, matanya yang petet, tapi karena permainannya kok bisa sampai begini. Almarhum total dalam berakting. Bagaimana caranya ya bisa melakukan seperti itu,”tutur Epy Kusnandar.

Bahkan, Epy mengaku rela mencari tahu asal mula kehebatan pemilik nama lengkap Widiatmoko dalam berakting. Dia juga mengumpulkan uang agar bisa berlatih akting di sanggar yang sama dengan Didi.

“Sehingga saya harus cari tahu di mana rumahnya, di mana latihannya, oh ternyata dia ada di Teater Koma, ada di kampus IKJ (Institut Kesenian Jakarta). Akhirnya saya harus mengumpulkan uang untuk kuliah di IKJ gara-gara pengen ketemu Didi Petet,” ucap bintang sinetron ‘Mister Olga’.

didi

Saat kuliah di sana, dia akhirnya bertemu dengan Didi Petet. Dan setelah Didi mengetahui bakatnya, Epy diajak untuk syuting. “Saya diajak main sinetron, sampai senang luar biasa,”tambahnya.

Dalam film ‘Preman Pensiun’ Epy Kusnandar tetap memerankan ketua genk preman yang tak lagi melakukan tindakan kriminal bernama Muslihat.

Untuk mendalami karakter tersebut, lelaki berdarah Sunda itu hanya sering berbincang dengan sang sutradara, Aris Nugraha.

“Menjadi Muslihat itu modal saya satu-satunya adalah menjadi pendengar yang baik. Saya rekam tiap kesempatan ada kang Aris. Bukan film Preman Pensiun yang diceritakan, tapi tentang keluarga, tentang bagaimana sejarah dari mana berasal, ngungsi dari Garut ke Jakarta, itu menjadi sumber inspirasi,”papar bintang sinetron ‘Kejar Kusnadi’.

Artis kelahiran 1 Mei 1964 ini mengaku, biasa berbincang dengan Aris Nugraha pada jam dua pagi, di sela-sela kesibukan Aris Nugraha menyelesaikan skenario film tersebut.

“Ini film yang luar biasa bagi saya karena saya bisa mendalami karakter seperti Didi Petet. Di film ini saya sering beradegan dengan Tya Ariffin dan Soraya Rasyid,”tandas Epy Kusnandar.(mia/b)