Monday, 25 March 2019

Gadis Saudi Ini Akhirnya Dapat Suaka dari Kanada

Sabtu, 12 Januari 2019 — 9:53 WIB
Ditemani otoritas bandara Bangkok, Rahaf Mohammed al-Qunun menuju pesawat yang akan membawanya ke Kanada. (reuters)

Ditemani otoritas bandara Bangkok, Rahaf Mohammed al-Qunun menuju pesawat yang akan membawanya ke Kanada. (reuters)

KANADA – Gadis asal Arab Saudi, Rahaf Mohammed al-Qunun, yang melarikan diri dari keluarganya dan bersembunyi di Thaildan, akhirnya mendapat suaka dari Kanada. Hal tersebut disampaikan sendiri oleh Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeu.

Trudeu menyampaikan sudah mengkonfirmasikan kepada pejabat di Thailand, bahwa Qunun sedang dalam perjalanan ke Kanada. Qunun diketahui akan transit terlebih dahulu di Seoul, Korea Selatan, sebelum melanjutkan penerbangan ke Toronto, Kanada.

(BACA: Rahaf al-Qunun: Cuitan Perempuan Saudi yang Menyelamatkan Hidupnya)

“Kanada adalah negara yang memahami betapa pentingnya membela hak asasi manusia, membela hak-hak perempuan di seluruh dunia, dan saya dapat mengonfirmasi bahwa kami telah menerima permintaan AS,” katanya kepada wartawan, dilansir Reuters, Sabtu (12/1/2019)

Seperti diketahui, Qunun lari dari keluarganya saat sedang berlibur ke Kuwait. Tiba di Bangkok pada hari Sabtu, Qunun awalnya ditolak masuk petugas bandara. Namu ,  ia mengunggah pesan di Twitter dari area transit bandara Suvarnabhumi Bangkok yang mengatakan bahwa nyawanya terancam jika ia kembali ke keluarganya.

Setelah berada selama 48 jam di bandara Bangkok, ia akhirnya diizinkan memasuki Thailand dan kemudian diproses sebagai pengungsi oleh UNHCR. (mb)