Wednesday, 16 January 2019

Ini Pesan Presiden Jokowi untuk Pengemudi Ojek Online

Sabtu, 12 Januari 2019 — 17:02 WIB
Presiden Jokowi hadiri silaturahmi dengan ribuan pengemudi ojek online. (ist)

Presiden Jokowi hadiri silaturahmi dengan ribuan pengemudi ojek online. (ist)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sering melihat pengemudi ojek online yang mengoperasikan telepon genggamnya sembari berkendara. Dia meminta kebiasaan itu dihentikan.

Hal itu disampaikan oleh Jokowi di depan ribuan pengemudi online dari mitra Blue Bird, Mitra Grab, dan Mitra Go-jek saat acara silaturahmi nasional (Silatnas) dengan ribuan Keluarga Besar Pengemudi Online seluruh Indonesia di Jakarta Internasional Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (12/1/2019).

Saat ini, kata Presiden, pemerintah dalam hal ini Menteri Perhubungan tengah menggodok regulasi dan aturan yang akan menjadi payung hukum bagi pengemudi online. Secepatnya aturan itu disebut akan keluar.

Untuk itu, mantan Walikota Solo ini berpesan kepada pengemudi transporasi online agar selalu mematuhi aturan lalu lintas termasuk tidak menggunakan ponsel ketika berkendara.

“Saya titip, kalau sudah ada payung hukum yang jelas di lapangan ini saya lihat, saya kan kalau dari mobil sering lihat-lihat waktu masih mengemudi ndak tahu mungkin ada panggilan langsung (terima telepon) sambil nyetir. Ngomong sambil nyetir, hati-hati,” kata Jokowi sembari memeragakan ketika pengemudi ojol berkendara sembari telepon.

(BacaPemerintah Segera Keluarkan Regulasi Baru untuk Ojek Online)

Mantan gubernur DKI Jakarta ini meminta agar pengemudi online baik roda dua maupun roda empat tetap mementingkan keselamatan karena ada keluarga yang menunggu kedatangan mereka di rumah dengan selamat.

“Karena bapak ibu sekalian memiliki keluarga jangan sampai karena kecerobohan menyetir sambil terima order kemudian menyebabkan kelalaian kecelakaan. Saya sering lihat bawa penumpang juga (sambil mengoperasikan ponsel),” ucap Jokowi.

(BacaJokowi Marah Profesi Pengemudi Transportasi Online Dihina)

Dalam acara tersebut, Jokowi mengatakan jika dirinya akan jengkel dan marah ketika ada pihak yang menghina profesi pengemudi online karena di matanya pekerjaan ini sangat mulia.

“Saya enggak mau saudara jangan sampai celaka sekecil apapun, jangan sampai terjadi. Kita semua berdoa agar berangkat selamat pulang semangat,” tandas Jokowi. (yendhi/ys)