Wednesday, 16 January 2019

Jokowi : Antek Asing Ada di Mana?

Sabtu, 12 Januari 2019 — 20:21 WIB
Jokowi di depan alumni UI

Jokowi di depan alumni UI

JAKARTA – Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo mengaku bingung dengan tudingan bahwa dirinya adalah antek asing. Jokowi mengatakan keberhasilan mengembalikan pengelolaan beberapa kekayaan sumber alam yang sebelumnya dikuasai negara asing, ke Indonesia.

Jokowi menjelaskan kembalinya pengelolaan Blok Mahakam dan Rokan ke Indonesia melalui Pertamina berlawanan dengan tudingan antek asing. Dia juga menyinggung keberhasilan pemerintahannya dalam mendapatkan saham mayoritas PT Freeport.

“Kemudian Desember 2018 yang lalu juga (saham) Freeport 51 persen, mayoritas kita kuasai. Pertanyaan saya, antek asingnya ada di mana?” tanya dia kepada para alumni Universitas Indonesia di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (12/1/2019).

Ribuan alumni UI yang menghadiri dejlarasi dukungan kepada pasangan Jokowi – Ma’ruf sontak menjawab.

“Di sana,” jawab mereka kompak.

“Di sana? Di sana itu di mana?” timpal Jokowi seakan memastikan.

“Nomor dua,” jawab beberapa peserta deklarasi sambil tertawa.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar pihak-pihak yang menuduhnya sebagai antek asing berhenti. Menurutnya tidak mudah merebut saham mayoritas PT Freeport.

“Jangan dibolak balik seperti itu. Dipikirnya merebut saham Freeport selama 4 tahun mudah? Sangat sulit sekali. Tapi saya tahu negara sebesar Indonesia ini tantangannya juga besar, banyak. Tapi kita tidak boleh lemah tidak boleh takut terhadap tantangan-tantangan dan rintangan-rintangan,” pungkas Jokowi. (ikbal/b)