Friday, 18 January 2019

Jokowi : Urus Pemerintahan Jangan Coba-Coba

Sabtu, 12 Januari 2019 — 19:25 WIB
Jokowi saat memberikan sambutan dalam deklarasi dukungan dari  Alumni UI. (ikbal)

Jokowi saat memberikan sambutan dalam deklarasi dukungan dari Alumni UI. (ikbal)

JAKARTA – Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo menekankan pentingnya pengalaman dalam memimpin pemerintahan. Jokowi mengatakan pengalaman pemerintahan hanya didapat ketika seseorang pernah memimpin di satu wilayah.

Dia mengatakan untuk memimpin negara besar seperti Indonesia, pengalaman mutlak diperlukan. Hal ini disampaikan di depan ribuan alumni Universitas Indonesia (UI) di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (12/1/2019).

Awalnya Jokowi bercerita karir politiknya dari menjadi Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta hingga Presiden RI. Pada 2005 saat terpilih menjadi Walikota Solo, di awal pemerintahan terkaget-kaget karena belum memiliki dasar kepemimpinan di pemerintahan.

“Apanya saya alami saat itu saya banyak terkaget-kaget. Saya harus banyak belajar di awal-awal itu betul pusing karena memang belum memiliki pengalaman di pemerintahan. Itu yang saya sampaikan di awal tadi, diperlukan pengalaman dalam memerintah, apalagi sebuah negara yang besar seperti indonesia ini. Jangan coba-coba dong!” tandasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku membutuhkan waktu hingga satu setengah tahun untuk beradaptasi di Solo kala itu. Di tahun kedua, imbuhnya, program kerja baru bisa dilaksanakan. Menurutnya ilmu manajemen bisnis yang dikuasainya tidak membantu karena berbeda saat mengatur pemerintahan.

Dia membayangkan seseorang yang belum memiliki pengalaman akan membutuhkan waktu lebih lama untuk beradaptasi memerintah sebuah negara.

“Mengelola institusi bisnis dengan mengelola pemerintah berbeda meski dalam lingkup kecil satu kota. Tapi pengalaman itu sangat penting bagi saya menapaki jenjang-jenjan yang lebih atas,” imbuhnya.

“Begitu masuk masuk ke 1,5 tahun, dua tahun baru bisa melakukan kerja secara cepat karena namanya manajemen birokrasi, pemerintah berbeda sekali dengan manajemen di luar pemerintah. Sangat beda sekali,” kata Jokowi.

Alumni UI melalui Gerakan Alumni UI mendeklarasikan dukungan kepada paslon nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019. Pengalaman, rekam jejak dan integritas Jokowi yang dinilai baik menjadi salah satu faktor alumni UI memberikan dukungan. (ikbal/b)