Wednesday, 20 March 2019

LRT Janjikan Layanan Hotel Bintang Lima

Sabtu, 12 Januari 2019 — 23:45 WIB
LRT ketika dilakukan uji coba

LRT ketika dilakukan uji coba

JAKARTA – Akhir Februari 2019 ini LRT Kelapa Gading-Rawamangun dioperasikan. Pengelola menjanjikan pelayanan setingkat hotel bintang lima untuk melayani penumpang.

Guna mencapai tujuan tersebut, PT LRT merekrut sejumlah manajer hotel untuk mengelola pelayanan. “Kita sudah rekrut sejumlah SDM dengan kualifikasi sangat baik untuk mengelola pelayanan, “kata Allan Tandiono, Dirut LRT, Sabtu (12/1/2019).

Allan menjelaskan, meskipun tarif belum dipatok, namun Allan memastikan Sumber Daya Manusia (SDM) LRT telah siap melayani penumpang. “Sebanyak 20 pegawai, sudah dimagangkan ke PT TransJakarta untuk mempelajari perilaku penumpang.”

Allan mengatakan pihaknya tengah merekrut manager pelayanan yang berkualitas di bidang perhotelan. Cara ini untuk memberikan pelayanan berkualitas pada penumpang.

“Nantinya staf LRT akan memberikan pelayanan penumpang seperti hotel bintang lima melayani pelanggannya,” ujar Allan.

TRANSPORTASI HIBURAN
Pengamat Transportasi dari Institusi Studi Transportasi (Instran), Dharmaningtyas menilai LRT Jakarta hanya akan menjadi transportasi hiburan. Warga hanya memanfaatkan transportasi tersebut pada hari libur akhir pekan saja.

Ia yakin peminat LRT akan kurang lantaran posisinya yang berada dilingkungan elit Kelapa Gading, Jakarta Utara. “Siapa yang mau naik, orang sana (Kelapa Gading) kan kaya-kaya. Mereka lebih pilih naik mobil dibandingkan LRT,” kata dia.

Sebab dengan jarak kurang dari 20 meter orang akan memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan transportasi umum, terlebih di ruas itu tidak ada kemacetan.

Karenanya ia meminta agar Pemprov DKI lebih mengembangkan TransJakarta dibandingkan LRT.(john)