Saturday, 20 July 2019

Pemerintah Segera Keluarkan Regulasi Baru untuk Ojek Online

Sabtu, 12 Januari 2019 — 16:38 WIB
Presiden Jokowi dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai melakukan Silaturahmi Nasional dengan ribuan pengemudi online. (yendhi)

Presiden Jokowi dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai melakukan Silaturahmi Nasional dengan ribuan pengemudi online. (yendhi)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan payung hukum bagi pengemudi ojek online. Aturan yang mengatur regulasi angkutan umum berbasis aplikasi tersebut akan secepatnya keluar.

Menurut Jokowi, satu persatu masalah transportasi online akan diselesaikan. Dirinya telah memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk membuat regulasi dan aturan tentang angkutan berbasis online.

Saat ini yang sudah disahkan adalah Peraturan Menteri Perhubungan PM 118 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus. Ke depan payung hukum yang akan menaungi pengemudi ojek online akan segera terwujud.

Hal itu disampaikan Jokowi usai melakukan silaturahmi nasional (Silatnas) dengan ribuan Keluarga Besar Pengemudi Online seluruh Indonesia di Jakarta Internasional Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (12/1/2019).

“Ya intinya kami ini memberikan sebuah payung hukum dan jelas mengenai kegiatan transportasi online. Semuanya jelas dan sudah keluar Peraturan Menteri 118 kemudian ini masih digodok lagi untuk ojek online-nya,” kata Jokowi.

(BacaJokowi Marah Profesi Pengemudi Transportasi Online Dihina)

Mantan Walikota Solo tersebut mengatakan, transposrtasi online harus ada payung hukum agar pengemudi bisa tenang ketika bekerja mencari nafkah.

“Yang paling penting bahwa pekerjaan ini memberikan sebuah ruang kerja bagi masyarakat. Ya semuanya harus berada pada posisi yang saling diuntungkan. Di situ senang, di sini senang, semuanya senang,” ungkap Jokowi.

Berdasarkan hukum internasional, lanjut Jokowi, memang tiak ada regulasi dan aturan yang mengatur transportasi online. Bahkan, tidak hanya Indonesia namun semua negara kesulitan membuat aturan dan regulasi bagi pengemudi online.

“Saya harus ngomong apa adanya. Bahwa inovasi dan teknologi baru itu lebih cepat daripada aturannya, daripada regulasinya. Sehingga tidak hanya di Indonesia semua negara tertatih -tatih, barangnya sudah keluar regulasinya belum siap, aturannya belum siap, semua negara, jangan dibilang di Indonesia saja,” papar Jokowi.

Untuk itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengeluarkan regulasi dan aturan melalui Menteri Perhubungan. Meski tidak disampaikan secara pasti namun Jokowi sebut payung hukum bagi angkutan online secepatnya terwujud.

“Dan regulasinya sudah keluar baru satu, Peraturan Menteri Tahun 2018 nomor 118 tentang penyelenggaraan angkutan sewa khusus. Sebentar lagi akan keluar payung hukum agar bapak ibu dan saudara sekalian bisa bekerja dengan tenang,” tandas Jokowi.

(BacaBerkumpul dengan Ojol, Jokowi Pamer Prestasi)

Di tempat yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menggodok peraturan yang akan menjadi payung hukum pengemudi online. Yang masih perlu dimatangkan diantara terkait tarif, dan larangan-larang seperti penggunaan handphone saat berkendara.

“Hal lain yang kami atur adalah soal suspend. Hal lain bahwa mereka harus tampak. Perjanjiannya dia pakai pakaian atau topi tertentu saat jalan. Jadi malam hari itu terlihat. Jadi peraturan ini sedang kami godok dengan mengundang aliansi, asosiasi, kelompok mereka kami undang,” kata Budi. (yendhi/ys)