Monday, 25 March 2019

Pengadilan Myanmar Tolak Banding 2 Jurnalis Reuters

Sabtu, 12 Januari 2019 — 13:08 WIB
Wa Lone (32), dan Kyaw Soe Oo (28), dijatuhi hukuman tujuh tahun oleh pengadilan Myanmar . (reuters)

Wa Lone (32), dan Kyaw Soe Oo (28), dijatuhi hukuman tujuh tahun oleh pengadilan Myanmar . (reuters)

MYANMAR – Pengadilan Myanmar menolak banding dua wartawan Reuters yang dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara. Disebutkan bahwa tidak ada bukti yang cukup untuk menunjukkan bahwa kedua jurnalis tersebut tidak bersalah.

Wa Lone (32), dan Kyaw Soe Oo (28), dijatuhi hukuman oleh pengadilan Mayanmar dalam kasus penting yang telah menimbulkan pertanyaan tentang kemajuan Myanmar menuju demokrasi dan memicu protes dari diplomat dan pembela hak asasi manusia.

“Itu adalah hukuman yang sesuai,” kata Hakim Pengadilan Tinggi Aung Naing, merujuk pada hukuman penjara tujuh tahun yang dijatuhkan oleh pengadilan yang lebih rendah.

Selanjutnya, kedua wartawan Reuters tersebut dapat mengajukan banding lebih lanjut ke pengadilan tertinggi negara itu, yang berbasis di ibukota Naypyitaw. “Putusan hari ini adalah ketidakadilan lain di antara banyak ketidakadilan yang menimpa Wa Lone dan Kyaw Soe Oo. Mereka tetap berada di balik jeruji besi karena satu alasan: mereka yang berkuasa berusaha membungkam kebenaran, ” kata Pemimpin Redaksi Reuters Stephen J. Adler dalam sebuah pernyataan. (mb)