Saturday, 21 September 2019

Ratusan Siswa SMKN Serbu Layanan KTP-El

Sabtu, 12 Januari 2019 — 16:50 WIB
Sejumlah siswa usia 17 tahun mengikuti perekaman data untuk KTP-El. (wandi)

Sejumlah siswa usia 17 tahun mengikuti perekaman data untuk KTP-El. (wandi)

JAKARTA – Layanan jemput bola yang digelar Sudin Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan di SMKN 47 Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan diserbu siswa.  Sebanyak 104 siswa melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el).

Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Selatan Abdul Haris mengungkapkan, pelayanan perekaman e-KTP di SMKN 47 ini merupakan upaya pelayanan jemput bola perekaman KTP-el bagi pelajar yang memasuki usia 17 tahun. Diharapkan setelah para siswa ini lulus mereka tidak repot-repot lagi mengurusnya di kantor kelurahan.

“Ini didasari adanya surat edaran Mendagri tentang pelayanan jemput bola khususnya bagi penduduk pemula, yang diprediksi akan mempunyai hak pilih pada saat tanggal 17 April 2019. Makanya kami saat ini mengintensifkan layanan di sekolahan-sekolahan,” kata Abdul Haris,  Sabtu (12/1/2019).

Menurutnya, pelayanan perekaman KTP-el di sekolah ini akan dilaksanakan di 34 sekolah SMA/SMK dan juga MA di Jakarta Selatan. Pelayanan jemput bola ini, sudah ketiga kalinya dilakukan, setelah SMKN 20 dan SMKN 28.

“Dari jumlah yang telah kami jadwalkan itu ada sebanyak 34 sekolah sampai bulan Maret nanti. Tapi nanti rencananya kami ke seluruh sekolah di Jakarta Selatan,” tuturnya.

Sementara, Kepala Sekolah SMKN 47 Jakarta Wiji Kusrini menjelaskan, siswa yang berusia 17 tahun di sekolahnya ada 240 orang. Namun yang telah melakukan perekaman data di tempat tinggalnya masing-masing sudah 136 orang.

“Jadi 104 ini mereka yang belum merekam KTP-el. Sosialisasi kepada siswa terkait hal ini sudah kami lakukan sejak Oktober 2018 lalu,” kata Wiji Kusrini. (wandi/ys)