Wednesday, 27 March 2019

Amankan HBKB Kota Tua. Pemkot Jakbar Gandeng Pasukan Jatanras

Minggu, 13 Januari 2019 — 13:41 WIB
Plt Kasudin Perhubungan Jakbar, Leo Amstrong Manalu (ketiga dari kanan), Plt Kasieops Sudin Perhubungan Jakbar, Afandi Nofrisal (tengah) bersama anggota Jatanras Polres Jakbar saat pengamanan HBKB di Kota Tua, Minggu (13/1/2019). (rachmi/tri)

Plt Kasudin Perhubungan Jakbar, Leo Amstrong Manalu (ketiga dari kanan), Plt Kasieops Sudin Perhubungan Jakbar, Afandi Nofrisal (tengah) bersama anggota Jatanras Polres Jakbar saat pengamanan HBKB di Kota Tua, Minggu (13/1/2019). (rachmi/tri)

JAKARTA – Pemkot Jakarta Barat (Jakbar) melibatkan belasan petugas Jatanras dari Polres Metro setempat untuk mengamankan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di kawasan Kota Tua (Kotu), Minggu (13/1/2019).

Pengerahan pasukan tersebut untuk semakin memberi kenyamanan bagi masyarakat saat berolahraga dan bersantai sejenak di event khusus itu. Selain juga dikawal sekitar 50 Satpol Pamong Praja (PP).

“Senang sekali untuk HBKB di Kota Tua ini juga terlihat petugas khusus dari Jatanras Polres, kami jadi makin aman dan nyaman bisa bersantai sejenak seraya berolahraga bersama keluarga,” ungkap Winda Handayani, warga Tomang yang datang bersama kedua anak dan suami di HBKB Kotu, Minggu (13/1/2019).

Plt Kasudin Perhubungan Jakbar, Leo Amstrong Manalu didampingi Plt Kasie Operasional Sudin Perhubungan Jakbar, Afandi Nofrisal menjelaskan pengamanan HBKB memang melibatkan jajaran 3 pilar dan instansi lain.

“Kami berkolaborasi dengan jajaran 3 pilar dan instansi lainnya. Khusus dari 3 pilar, di antaranya dari Polres Metro Jakbar yang mengirim 10 personil Jatanras,” kata Leo.

Plt Kasieops Sudin Perhubungan Jakbar, Afandi Nofrisal menambahkan kerja sama pengamanan dengan dikerahkannya pasukan Jatanras bertujuan agar masyarakat kian merasa aman dan nyaman selama berlangsungnya car free day tersebut.

“Pasukan Jatanras yang terbagi dalam dua unit mengamankan sejumlah titik di area HBKB di Jalan Kali Besar Barat dan sekitarnya,” ujar Afandi.

Secara keseluruhan lanjut Afandi, pengamanan HBKB Kotu meliputi personil Lantas Tamansari dan Lantas Tambora, Jatanras, Satpol PP Kecamatan, Satpel Perhubungan Tamansari dan Tambora, serta Trans jakarta.

Selama HBKB berlangsung, masyarakat leluasa jalan santai maupun jogging, bermain tenis meja dan bulu tangkis, dan suasana semarak dengan hiburan musik dangdut. Tak luput aparat juga ikut membaur berolahraga bersama dengan warga. (rachmi/tri)