Thursday, 20 June 2019

Hadapi Real Betis, Saat Solari Angkat Performar Madrid

Minggu, 13 Januari 2019 — 7:20 WIB
Santiago Solari dipecat  Real Madrid  (reuters)

Santiago Solari dipecat Real Madrid (reuters)

SPANYOL – Pelatih Santiago Solari masih diberikan kesempatan untuk mendapat ‘ampun’ dari Real Madrid untuk menghadapi tuan rumah Real Betis dalam lanjutan La Liga Spanyol di Stadion Benito Villamarín, Senin (14/1) pukul 02:45 WIB.

Lebih dari sekadar menang, pelatih berusia 42 itu juga harus mampu meredam, terkait munculnya isu ketidakharmonisan di ruang ganti pada laga nanti.

Oleh karena itulah ia kemungkinan bakal kembali memilih Isco sebagai starter di lini depan Madrid pada laga nanti. Maklum, dalam beberapa laga terakhir, Solari kerap dikritik oleh para fans karena keputusannya yang kerap menempatkan Isco di bangku cadangan.
Walhasil, para fans Madrid menjadi kurang simpatik yang ditunjukkan dengan sepinya penonton di Bernabeu. Terakhir, pemandangan itu terlihat saat Madrid berhasil menggilas Leganes 3-0 pada leg pertama babak 16 besar Copa del Rey atau Piala Raja, tengah pekan kemarin.

Di laga itu, Isco baru dimainkan pada menit ke-71, menggantikan Lucas Vasquez yang sudah tidak memberikan ancaman berarti setelah timnya unggul dua gol. Solari berdalih bahwa keputusannya membangku cadangkan Isco karena laga tersebut dianggap tidak terlalu sulit bagi Madrid.

TUGAS PELATIH

“Mengapa Isco tidak bermain sebagai starter? Karena ini bukan laga yang besar bagi kami. Sebagai pelatih, saya bertugas memilih pemain yang akan bermain. Saya akui ini bukan tugas yang paling menyenangkan sebagai pelatih,” dalihnya seperti dikutip Marca.

Namun kali ini, Solari tidak bisa berdalih lagi, mengingat Madrid sangat butuh kemenangan jika ingin menembus empat besar atau zona Liga Champions di setengah kompetisi. Dengan koleksi 30 poin dari 18 laga di tangga kelima, tim berjuluk Los Blancos itu hanya tertinggal satu angka dari batas akhir zona empat besar, hunian Deportivo Alavés. Di sisi lain, lawan yang akan mereka hadapi, yakni Real Betis tidak ingin tinggal diam. Anak-anak asuh Quique Setien itu tentu ingin memanfaatkan polemik yang dialami Solari untuk meraih poin penuh.

Pada laga lainnya, Atletico Madrid vs Levante, Athletic Bilbao vs Sevilla, dan Barcelona vs Eibar. (junius/bu)