Monday, 21 January 2019

Ledakan Gas di Toko Roti di Paris, 4 Tewas dan 50 Orang Terluka

Minggu, 13 Januari 2019 — 9:13 WIB
ilustrasi

ilustrasi

PRANCIS – Empat tewas  dan 50 orang lainnya terluka dalam ledakan di sebuah toko roti di pusat Kota Paris, Prancis. Reuters melansir, ledakan tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 pagi waktu setempat, Sabtu (12/1).

Menteri Dalam Negeri Prancis, Christophe Castaner, menyebut empat orang yang tewas itu terdiri dari dua warga sipil dan dua petugas pemadam kebakaran.

Awalnya, para petugas pemadam kebakaran berusaha mencari kebocoran gas di dalam gedung sebelum ledakan itu terjadi. “Namun ledakan terjadi saat  petugas pemadam kebakaran mencari kebocoran gas di dalam gedung. Salah satu dari mereka bahkan sempat terkubur di bawah reruntuhan selama beberapa jam,” kata Castaner.

 Tak jauh dari lokasi ledakan,  ribuan pengunjuk rasa rompi kuning tampak menggelar aksinya di sekitar distrik perbelanjaan Grands Boulevards.

Meski jaraknya hanya beberapa ratus meter dari lokasi kejadian,  Jaksa Paris Remi Heitz memastikan ledakan ini tak ada hubungannya dengan aksi tersebut.

“Bisa kita katakan, ledakan gas ini jelas merupakan sebuah kecelakaan,” tegas Heitz.

Untuk memadamkan api akibat ledakan tersebut, Lebih dari 200 petugas kebakaran dan dua helikopter diterjunkan untuk memadamkan api dan mengevakuasi korban.

Sementara, ambulans masih berusaha menuju kawasan tersebut, namun terhalang oleh barikade yang dibentuk untuk mengatasi kekerasan oleh pengunjuk rasa rompi kuning.(tri)