Saturday, 23 February 2019

Debat Berjalan Normatif karena Kisi-kisi, KPU: Itu Urusan Kandidat

Jumat, 18 Januari 2019 — 19:00 WIB
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman. (ikbal)

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman. (ikbal)

JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman tidak sependapat dengan anggapan format debat terapkan membuat jawaban debat pasangan calon normatif. Menurutnya jika kedua paslon menjawab dengan normatif, hal itu di luar KPU RI.

Diketahui dalam debat perdana dua paslon sebelumnya mendapatkan kisi-kisi pertanyaan dari panelis yang akan ditanyakan dalam debat.

“Apanya yang normatif, kamu tahu nggak jalannya debatĀ  yang semalam? Ikut ya? Dia ditanya dari orang yang tidak tahu, si A akan dapat yang mana. Apa tabu pertanyaan dia? Tapi tidak tahu dia pertanyaan yang A yang B yang C dan E. Bahwa kandidat itu jawabannya normatif dan datar, itu sudah urusan kandidat,” ujarnya di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (18/1/2019).

Arief mengingatkan, terdapat pertanyaan tertutup dari masing-masing paslon yang saling ditanggapi untuk kemudian disanggah kembali. Menurutnya debat capres cawapres berjalan.

“Makanya saya bilang, ini bukan sekedar ujian anak SD yang apa namanya, hafalan, bukan. Karena kamu menjawab apapun akan ditanya ditanggapi yang lain ‘lho kenapa jawabannmu begitu’ lalu yang lain pun menanggapi, lho kenapa tanggapanmu begitu, kemudian tanggapannya apa, tanggapan atas tanggapan itu seperti apa,” tandasnya. (ikbal/win)